IL (Information Literature) Method - Geograph88

IL (Information Literature) Method

IL (Information Literature) Method
Di era sekarang ini, arus informasi berkembang sangat pesat. Hanya dengan mengetikan beberapa suku kata di Handphone, Komputer atau gadget lainnya, kita dapat menemukan informasi yang kita perlukan.  

Dalam dunia pendidikan, perkembangan arus informasi ini dapat digunakan sebagai media belajar siswa. 

Siswa saat ini tidak lagi sebagai mahluk yang statis akan tetapi dinamis dalam segala hal. Metode yang saat ini sering digunakan dalam pembelajaran di kelas adalah IL (Information Literature) atau Literasi Informasi. 
big6.com

Literasi Informasi adalah serangkaian kemampuan untuk menyadari kebutuhan informasi, dan kapan informasi dibutuhkan, mencari dan menemukan lokasi informasi yang dibutuhkan, memanfaatkan secara efektif dan etis, serta mengkomunikasikannya.

Salah satu model belajar IL adalah Big 6 Skills. Di negara maju Big 6 menjadi salah satu model pembelajaran yang efektif dan efisien. Hal tersebut tentunya didukung dengan sarana perpustakaan, internet dan librarian yang handal. 
Tahapan Big 6 yaitu

1. Task Definition
  • Merumuskan masalah, yaitu penentuan masalah yang harus dipecahkan dan  mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan.
2. Information Seeking Strategies
  • Mengembangkan strategi pencarian informasi, yaitu menentukan dan memilih sumber terbaik.
3. Location and Access
  • Lokasi dan akses, yaitu mengalokasikan sumber secara fisik dan virtual serta menemukan informasi di dalam sumber-sumber tersebut.
4. Use Of Information
  • Memanfaatkan informasi, yaitu membaca, mendengar dan memilih informasi yang relevan.
5. Synthesis
  • Mensintesiskan informasi, yaitu mengorganisasikan informasi dari berbagai sumber serta mempresentasikan informasi tersebut.
6. Evaluation
  • Mengevaluasi informasi, yaitu mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari seluruh proses yang telah dilakukan.
Metode Big 6 memacu siswa agar aktif mencari masalah yang dihadapi kemudian dengan berbagai literatur yang ada mereka menyimpulkan sendiri hasil yang mereka peroleh. 
close