Zona Interaksi Desa-Kota (City, Suburban, Suburban fringe, Urban fringe, Rural urban fringe, Rural) - Geograph88

Zona Interaksi Desa-Kota (City, Suburban, Suburban fringe, Urban fringe, Rural urban fringe, Rural)

Zona Interaksi Desa-Kota (City, Suburban, Suburban fringe, Urban fringe, Rural urban fringe, Rural)
Desa dan kota adalah dua wilayah yang saling melengkapi sebagai suatu elemen ruang. Kedua wilayah ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain secara fungsional.

Interaksi desa dan kota menimbulkan pengaruh tertentu pada setiap zona. Pengaruh pada setiap zona ini dipengaruhi oleh jarak zona ke pusat kota.

Baca juga: Soal UTBK 2020 Pewilayahan + Kunci

Makin jauh dari pusat kota maka interaksinya makin lemah. Menurut Bintarto wilayah zona interaksi desa kota terbagi menjadi 6 zona yaitu:
Zona interaksi ruang desa kota Bintarto
a. City, identik dengan kota atau pusat kegiatan. Kota adalah tempat semua aktifitas manusia berkumpul dan menjadi jaring utama perputaran ekonomi.

b. Suburban, atau subdaerah perkotaan adalah wilayah yang lokasinya dekat dengan pusat kota. Wilayah suburban menjadi tempat tinggal para penglaju atau pekerja yang melakukan mobilitas setiap hari ke kota.

c. Suburban fringe, adalah wilayah yang melingkari wilayah suburban. Wilayah ini merupakan daerah peralihan antara kota dengan desa.

d. Urban fringe atau daerah perkotaan terluar adalah wilayah batas terluar suatu kota dengan ciri sifat mirip dengan wilayah kota, kecuali inti kota.

e. Rural urban fringe atau daerah batas desa-kota adalah jalur wilayah yang terletak antara kota dan desa yang dicirikan dengan penggunaan lahan campuran antara sektor pertanian dan non pertanian.

f. Rural atau pedesaan adalah suatu wilayah yang menitikberatka pada sektor pertanian atau kehidupan agraris.

Baca juga: Soal AKM Geografi + Kunci
Pemukiman di wilayah suburban Amerika
close