Contoh Soal HOTS PG + Kunci Hakikat, Aspek Geografi - Geograph88

July 28, 2020

Contoh Soal HOTS PG + Kunci Hakikat, Aspek Geografi

Halo kawan-kawan sekalian, kali ini saya akan berikan contoh soal tipe hots untuk bab hakikat geografi. Soal hots ini memiliki rentang pengetahuan dari C3-C6 dalam taksonomi bloom.

Materi hakikat dan konsep geografi sangat cocok dan bisa diaplikasikan dalam pembuatan soal tipe hots. Simak baik-baik contohnya berikut ini:

1. Angin muson timur memengaruhi kondisi cuaca di Indonesia. Manakah diantara pernyataan berikut yang tidak berkaitan dengan angin muson timur?
A. Membawa musim kemarau
B. Membawa udara kering
C. Tekanan udara di Australia maksimum
D. Berhembus dari benua Australia
E. Berhembus dari bulan Oktober sampai Maret

2. Penemuan sumber mata air pada suatu tempat akan memengaruhi terhadap kondisi ….
A. Pola pemukiman penduduk
B. Sebaran flora fauna
C. Adat istiadat masyarakat
D. Cuaca dan iklim suatu daerah
E. Jenis batuan disekitarnya

3. Indonesia merupakan negara kepulauan tropis sehingga memiliki tipe iklim laut sehingga kelembaban udaranya relatif tinggi. Faktor yang memengaruhi kondisi kelembaban udara tinggi di Indonesia adalah ….
A. Memiliki banyak topografi
B. Wilayah perairan lebih luas daripada daratan
C. Diapit oleh benua Australia dan Asia
D. Memiliki musim kemarau dan penghujan
E. Berada di wilayah doldrum

4. Indonesia memiliki 3 iklim yaitu iklim muson, iklim tropis dan iklim laut. Faktor penyebab terbentuknya iklim muson di Indonesia adalah ….
A. Berada diantara benua Asia dan Australia
B. Lokasinya berada di lintang tinggi
C. Wilayahnya beriklim kering dan dingin
D. Diapit oleh selat-selat sempit
E. Berada di wilayah doldrum

5. Suhu di permukaan bumi sangat bervariasi dan memengaruhi kondisi masyarakat. Pengaruh suhu dan kepadatan penduduk suatu wilayah dipengaruhi oleh ….
A. Letak geomorfologi
B. Letak astronomis
C. Letak geologis
D. Letak maritim
E. Letak sosiokultural

Pembahasan
1. Air adalah salah satu unsur fisik yang memengaruhi kehidupan manusia. Penemuan sumber air pada suatu tempat akan menarik manusia untuk datang dan membangun pemukiman disekitar sumber air untuk memudahkan mereka hidup. Artinya lokasi sumber air akan memengaruhi pola pemukiman suatu masyarakat.

2. Angin muson timur berhembus dari benua Australia dari bulan April - September dan membawa udara kering. Saat itu tekanan udara di atas benua Australia sedang maksimum sementara di Asia minimum. Sementara itu angin muson barat berhembus dari Oktober- Maret dan membawa musim penghujan di Indonesia.
Letak geografis Indonesia memengaruhi pergerakan angin muson
3. Wilayah Indonesia terletak di ekuator dan berbentuk kepulauan. Luas wilayah perairan Indonesia lebih besar dibandingkan daratannya sehingga kelembaban relatif tinggi karena evaporasi atau penguapan tinggi.

4. Angin muson adalah angin yang berhembus 6 bulan sekali di Indonesia. Angin muson dipengaruhi oleh kondisi udara di atas benua Asia dan Australia.

5. Perbedaan suhu dan kepadatan penduduk disebabkan oleh perbedaan ketinggian tempat. Makin tinggi tempat, makin rendah suhunya dan makin jarang penduduknya. Letak berdasarkan ketinggian tempat dinamakan letak geomorfologis.

Baca juga: Soal latihan konsep geografi HOTS

Share with your friends

Give us your opinion
close