Pengetian Geografi menurut Ahli - Geograph88

Pengetian Geografi menurut Ahli

Pengetian Geografi menurut Ahli
Geografi sudah berkembang lama sejak era Yunani kuno sampai peradaban Islam. 

Geografi merupakan ilmu yang selalu berkembang hingga kini. Para ahli memilki berbagai definisi mengenai geografi. Berikut adalah beberapa definisi tersebut

Baca juga:

Hartshone (1960)
Geografi adalah ilmu yang berusaha menguraikan dan menginterpretasikan karakter dari suatu tempat dengan tempat lain di bumi sebagai tempat kehidupan manusia.
Alexander (1963)
Geografi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia.
Fielding (1974)
Geografi adalah studi tentang lokasi dan tatanan fenomena pada permukaan bumi dan proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut. 
Bintarto (1979)
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menggambarkan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduknya serta mempelajari corak yang khas dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
Yeates, dalam Hagget, (1979)
Geografi adalah ilmu pengetahuan tentang perkembangan rasional dan pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan dan memprakirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik dari permukaan bumi.
Cirrincione dan Ainsworth (1983)
Geografi adalah studi tentang tempat-tempat di bumi, tentang bagaimana kesamaan manusia dan tempat-tempat dibumi, dan juga bagaimana mereka berbeda, serta melihat bagaimana hubungan diantara mereka terjadi.
Seminar dan lokakarya IKIP Semarang tahun 1988
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks ruangan.
Karl Ritter
Geografi adalah studi tentang daerah-daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi (differential area) dalam keragamannya.
Finch V . Vernor
Geografi adalah studi yang menjelaskan, menerangkan suatu daerah di permukaan bumi disertai dengan analisisnya. Tidak hanya menyoroti fenomena-fenomena tertentu saja, melainkan memperhatikan perubahan-perubahan dan dinamika yang berlangsung diatasnya.
Ellswoth Huntington
Geografi adalah studi tentang alam dan persebarannya melalui relasi antara lingkungan dan aktivitas manusia.
Barlow
Geografi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses yang berhubungan dengan lingkungan dan gejala-gejala serta pola-pola yang terkait dibahas.
Ferdinand Von Richthoven (1833) 
Geografi ialah ilmu yang melukiskan gejala-gejala dan sifat permukaan bumi, serta penduduknya disusun menurut letaknya dan terdapat berbarengan dan timbal balik dari sifat-sifat serta gejala-gejala tersebut. 

Semua pernyataan di atas pada dasarnya adalah benar dan secara garis besar geografi menggambarkan kenampakan alam dan sosial di atas permukaan bumi dan bagaimana interaksi antara komponen-komponen tersebut dalam suatu wilayah. Baca juga: Kumpulan rumus hitung bab peta kelas xii

Sumber: 
BSE Geografi X
Gambar: disini 
close