Home » » Aneka Kerajinan Khas Tasikmalaya

Aneka Kerajinan Khas Tasikmalaya

Written By agnas setiawan on Saturday, 6 July 2013 | 15:32

Jika anda berkunjung ke Tasikmalaya, baik kota maupun kabupaten tentunya akan lebih lengkap jika membawa oleh-oleh khas dari Tasik. Tasikmalaya memiliki beberapa aneka kerajinan khas yang sangat menarik. Lalu kerajinan khas apa saja yang ada di Tasikmalaya?Kita lihat profil singkatnya berikut ini.
1. Anyaman Rajapolah
Rajapolah merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Utara Kabupaten Tasikmalaya. Rajapolah terkenal dengan aneka anyaman tradisionalnya yang berbahan baku eceng gondok, bambu dan mendong. Di sepanjang jalan raya Rajapolah bederet berbagai toko yang menjual kerajinan anyaman dari bahan baku tersebut seperti tikar mendong, tempat tisu, sapu, hiasan dinding dan lainnya. Daerah Rajapolah terkenal memiliki relief perbukitan yang banyak terdapat bambu dan lahan budidaya mendong, sehingga masyarakat sekitar banyak memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan. Hasil produksi anyaman Rajapolah dipasarkan hingga ke beberapa kota besar di Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Jakarta bahkan ada yang sampai diekspor ke luar negeri. 

Peta Lokasi Anyaman Rajapolah
Anyaman Rajapolah
2. Kelom Geulis
Kelom geulis merupakan kerajinan alas kaki yang dibuat dari bahan dasar kayu mahoni, damar dan albasia. Sentra pengrajin kelom geulis terletak di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Kelom geulis pada dasarnya adalah sandal yang terbuat dar kayu dan diukir kemudian diberi motif-motif tertentu. Motif yang sering dijumpai dalam kelom geulis antara lain motif bunga dan batik. 

Kelom Geulis
Peta Lokasi Sentra Kelom Geulis
3. Mebel Kayu 
Tasikmalaya terkenal juga dengan kerajinan mebel kayu yang terdapat di daerah Sindanggalih Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya. Mebel kayu tasik ini tidak kalah dengan mebel kayu Jepara. Beberapa hasil kerajinan mebel yang banyak dihasilkan seperti lemari, kursi, ranjang, meja dan lainnya.

Peta Lokasi Kerajinan Mebel Tasik
Mebel Tasik
4. Batik Tasik
Tasikmalaya memiliki sentra kerajinan batik, tidak kalah dengan batik Pekalongan atau batik Solo. Batik tasik ini ada 2 jenis yaitu batik tulis dan batik cap. Motif batik Tasik ini adalah motif khas Priangan seperti bunga dan tumbuh-tumbuhan. Senta batik Tasik terdapat di Kecamatan Cigeureung Kota Tasikmalaya. Orang Tasik belum disebut tasik tulen jika belum memiliki batik tasik. 

Peta Lokasi Sentra Batik Tasik
Kerajinan Batik Tasik
5. Bordir Tasik
Salah satu produk kebanggan tasik lainnya adalah bordir tasik. Bordir sebenarnya berasal dari Cina, akan tetapi dengan kreatifitas mojang-mojang Tasik, seni bordir ini menjadi berkembang dan memiliki ciri khas tersendiri di Tasikmalaya. Sentra bordir terbesar di Tasikmalaya berada di Kecamatan Kawalu dan terus menyebar hingga Sukaraja dan Singaparna. Produk yang dihasilkan beranekaragam mulai dari mukena, baju koko, kerudung dan lainnya. Bordir Tasik dipasarkan hingga kota besar seperti Jakarta dan bahkan sampai luar pulau jawa. 

Peta Lokasi Sentra Bordir Tasik
Mukena Bordir Tasik
Kecamatan Kawalu, Sentra Bordir Tasik

6. Payung Geulis
Payung geulis merupakan ikon Tasikmalaya dan telah dibuat sejak zaman dahulu kala. Payung ini dibuat dari batang kayu dan bambu halus kemudian penutupnya adalah kertas yang dihias oleh pengrajin. Sentra kerajinan payung geulis terdapat di Kecamatan Indihiang, akan tetapi di era modernisasi saat ini payung geulis tenggelam oleh produk-prosuk luar. Penggunaan kerajinan payung geulis pada saat ini sering terlihat hanya saat upacara adat. Para anak muda Tasik kurang memiliki passion untuk mengembangkan salah satu warisan budaya Tasik ini. Jika anda tertarik, anda dapat membeli payung geulis sebagai hiasan rumah.

Payung Geulis
Peta Lokasi Sentra Payung Geulis


Itulah beberapa kerajinan khas Tasik yang harus anda dapatkan jika anda berkunjung ke Tasikmalaya. Mari kita lestarikan budaya Tasik. Selamat berlibur.


Sumber dan Gambar:
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Penulis

My Photo
 Guru Geografi SMA GIBS Kalimantan Selatan
 
Support : Geograph88 | agnazgeograph | Template Gratis
Copyright © 2013. GEOGRAPH88 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger