Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik - Geograph88

Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik

Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik
Tarian Aerobik telah banyak berubah semenjak tarian ini populer di tahun 1970an.

Awalnya sekelompok orang mempelajari tarian dengan jangka wkatu lebih dari enam sampai delapan mingguan. 

Kelas-kelas ini diadakan di gereja-gereja, pusat-pusat rekreasi, klub-klub olahraga, dan sekolah-sekolah.

Saat ini, aerobik telah memiliki arti baru. Aerobik dapat dilakukan dengan berkelompok ataupun secara individu, di rumah atau di pusat kebugaran.

Aerobik-aerobik yang biasa dilakukan pada saat ini tidak seperti tarian. Aerobik punya gerakan tersusun, namun penampilannya tidak terpaku pada musik.

Sebagai tambahan nih, konsep aerobik ini telah meluas dengan adanya berbagai macam jenis latihan seperti latihan dengan kursi, low impact, high impact dengan menggunakan tangga atau step, dan slide aerobik.

Orang telah mengetahui bahwa aerobik menolong mereka berpenampilan lebih baik dengan tubuh yang sehat yang didapat dengan perasaan senang.
Pengertian dan Manfaat Senam Aerobik
Yuk aerobik biar sehat
Manfaat Senam Aerobik
Senam aerobik punya banyak manfaat bagi kebugaran tubuh dan tidak heran olahraga ini kini semakin populer terutama di kota-kota besar. Berikut manfaat senang aerobik:

1. Untuk Jantung
Istilah aerobik artinya "dengan oksigen". Ini adalah berkaitan dengan fungi fisiologi:selama bergerak, otot membutuhkan oksigen untuk bekerja secara efisien. 

Saat beban kerja otot meningkat maka tubuh menanggapi dengan meningkatkan jumlah pasokan oksigen ke pelosok otot-otot dan jantung. 

Sebagai akibatnya detak jantung dan frekuensi pernapasan meningkat sampai memenuhi kebutuhannya. 

Oksigen diubah menjadi karbon dioksida yang kemudian dihembuskan. Aerobik juga akan membuat tubuh berkeringat dan membakar kalori dan lemak.

2. Kekuatan Otot
Agar menjadi lebih kuat, otot harus dilatih melebihi beban normalnya dan hal ini disebut prinsip beban lebih. 

Untuk menguatkan otot, harus dilatih pada intensitas yang tinggi dalam waktu singkat, mempergunakan tenaga maksimum dan dilakukan berulang-ulang. 

Jangan mengharapkan tambahan kekuatan otot dari latiah aerobik yang tetap dengan intensitas latihannya tetap. 

Latihan itu akan lebih bermanfaat bila dilakukan dengan latihan selingan dimana intensitas latihan beragam dari latihan intensitas tinggi sampai yang rendah antara lain dengan bersepeda. 

Latihan dengan intensitas rendah dapat dilakukan dengan latihan ketahanan otot dengan menggunakan pita kareta, pipa atau barbel ringan.

3. Daya Tahan Otot
Aerobik membantu meningkatkan daya tahan otot dengan cara banyak melakukan gerakan-gerakan ringan seperti melompat, mengangkat lutut dan menendang. Jika latihan ini sering dilakukan akan berguna untuk meningkatkan daya tahan otot.

4. Kelentukan
Kelentukan adalah gerakan yang berada di sekeliling sendi. Setelah menyelesaikan latihan aerobik, lakukan peregangan supaya membantu meningkatkan kelentukan dan juga membantuk sirkulasi darah ke jantung. 

Otot sifatnya seperti pipa karet, semakin kuat mengangkatnya maka semakin elastis karet itu. Jika secara rutin meregangkan badan selesai latihan akan membuat otot dan persendian berkembang.

5. Komposisi tubuh
Orang yang kurang berat badannya masih memungkinkan kelebihan lemak. Di sisi lain, seorang olahragawan profesional dapat punya berat badan lebih dari standar yang ditentukan namun hanya punya 4% lemak dalam tubuh. 

Latihan aerobik yang tepat akan membantu mengubah komposisi tubuh, menghindari tubuh jadi gemuk dan membentuk otot-otot. 

Hal terpenting yang harus diingat adalah tidak mungkin mengurangi berat badan hanya pada salah satu bagian tubuh saja.
close