Tips Manajemen Perubahan di Sekolah - Geograph88

Tips Manajemen Perubahan di Sekolah

Tips Manajemen Perubahan di Sekolah
Sekolah adalah tempat merubah seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Perubahan terjadi sepanjang hidup. 

Sekolah yang berkembang artinya berubah menjadi lebih baik misalnya dari sekolah yang kurang disipllin menjadi sekolah yang memiliki disiplin. 

Perubahan di sekolah selalu melibatkan banyak pihak banyak pihak yaitu guru, siswa, tenaga kependidikan, orang tua dan unsur lainnya. 

Tugas kepala sekolah sebagai agen utama perubahan adalah mendorong dan mengelola agar semua pihak terkait termotivasi dan berperan aktif dalam perubahan tersebut.

Setiap perubahan memerlukan agen perubahan yaitu orang-orang yang membantu teman dalam perubahan tersebut. Ada setidaknya 4 peran agen perubahan yaitu sebagai catalyst, solution givers, process helpers dan resources linkers.





Catalyst berperan meyakinkan orang lain tentang perlunya perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Misalnya kepala sekolah meyakinkan orang tua siswa untuk memupuk disiplin anak didiknya.
Solution givers berperan untuk mengingatkan akan tujuan akhir dari perubahan yang dilaksanakan. cara boleh berubah, tapi tujuan akhir harus tetap dipertahankan.
Process helpers berperan membantu kelancaran proses perubahan, khususnya menyelesaikan masalah yang timbul dan membina hubungan antar pihak-pihak terkait.
Resources linkers berperan untuk menghubungkan orang dengan pemilik sumber dana/alat yang diperlukan.

Nah, sebagai kepala sekolah sudah sepantasnya anda memahami fungsi anda yang telah disampaikan tadi diatas agar sekolah menjadi sebuah lembaga yang memiliki fungsi sebagai agen perubahan ke arah yang lebih baik yaitu prestasi.
close