Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut - Geograph88

Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut

Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut
Angin darat dan angin laut merupakan jenis angin lokal terjadi akibat perbedaan sifat fisik daratan dan lautan. 

Daratan memiliki sifat lebih cepat menerima dan melepaskan panas sedangkan lautan memiliki sifat sebaliknya lambat menyerap dan melepas panas. Angin ini bersifat harian dan banyak dimanfaatkan oleh para nelayan.

1. Angin Laut (Sea Breeze)
Angin laut terjadi pada saat pagi hingga menjelang sore hari. Pada siang hari daratan lebih cepat menerima panas matahari sehingga suhu di daratan lebih panas dibanding lautan, akibatnya udara di daratan akan naik dan digantikan udara dingin dari lautan. Maka terjadilah aliran angin darat. 

Mekanisme angin laut

2. Angin darat (Land Breeze)
Angin darat terjadi pada sore hingga menjelang pagi hari. Pada saat malam hari, panas yang diterima daratan saat siang akan cepat dilepas (udara dingin) sedangkan di lautan, panas sedang dilepas secara perlahan oleh air ke atmosfer.Udara dingin dari daratan mengalir menggantikan udara panas di lautan dan terjadilah angin darat.

Mekanisme angin darat
Gambar:
jardik.blogspot.com

UPDATE PROMO QUIPPER
Mau nilai pelajaran kamu semakin meningkat di sekolah hanya dengan belajar di rumah?. Yuk gabung Quipper, bimbel online yang paling keren di Indonesia saat ini. Hampir 1 juta siswa Indonesia telah menggunakan Quipper untuk membantu pengayaan belajar di rumah. Materinya lengkap banget 

1. Dapat materi SMP + SMA (IPA dan IPS) + UN + SBMPTN
2. Ada ribuan video belajar keren dari tutor terbaik 
3. Bank soal dan intensif UN dan SBMPTN
4. Tips dan Trik menjawab soal cepat
5. Dan masih banyak lagi keunggulannya


Yang lebih keren lagi, Quipper masih ada diskon harga lho dengan menggunakan kode diskon dari mitra resmi. Cek di whatsapp saya di bawah untuk dapatkan kode diskonnya. Sumber: Youtube Quipper

https://api.whatsapp.com/send?phone=628977703302&text=Halo%20sir%20Saya%20Mau%20kode%20Quipper
close