Tahap Perkembangan Negara (W.W Rostow) /Development Country Stage

- May 28, 2013
Apakah setiap negara memiliki perkembangan yang sama atau berbeda? Teori ini mungkin akan menjelaskan hal tersebut. W.W Rostow merupakan ahli ekonomi pembangunan asal Amerika. Ia mengemukakan teori mengenai perkembangan dan pertumbuhan sebuah negara mulai dari keadaan yang tradisional hingga modern. Menurut Rostow sebuah negara mengalami 5 tahapan perkembangan yaitu:

1. Masyarakat tradisional
2. Pra Kondisi Lepas Landas
3. Lepas Landas
4. Kedewasaan
Perkembangan negara berbeda-beda
Masyarakat Tradisional merupakan tahapan awal perkembangan sebuah negara. Sektor utama pada masa ini adalah pertanian dimana teknologi belum begitu aktif berperan. Masyarakat masih memegang teguh adat istiadat dan lebih percaya kepada hal-hal gaib. Produktivitas pertanian masih sangat rendah dan hanya bersifat memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri (subsisten farming).

Pra Kondisi Lepas Landas adalah keadaan dimana masyarakat sudah mulai memiliki pola pikir yang lebih maju. Keadaan ini merupakan bagian dari dampak adanya revolusi industri. Masyarakat sudah mengenal tabungan dalam rumah tangga. Sektor pertanian dikelola dengan cara yang lebih modern baik dari segi teknis maupun tujuannya.

Lepas Landas merupakan keadaan dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara bergerak dengan cepat. Investasi di berbagai bidang industri mulai mendorong peningkatan pendapatan nasional. Tahap ini merupakan tahap kritis pada masa perkembangan suatu negara karena banyak terjadi kasus kesenjangan antar lapisan masyarakat.

Kedewasaan adalah keadaan masyarakat dimana investasi terus meningkat antra 40% sampai 60%. Teknologi baru mulai bermunculan seiring peradaban manusia yang terus maju. Tahapan ini  dimulai sekitar 60 tahunan setelah kondisi lepas landas. Di Eropa, fase ini berlangsung sekitar tahun 1900. Barang yang diproduksi mulai beranekaragam mulai dari barang konsumsi hingga barang berbentuk modal.

Konsumsi Tingkat Tinggi adalah fase dimana kondisi masyarakat secara umum sudah dikatakan makmur. Tingkat konsumsi masyarakat sudah sangat tinggi dikarenakan arus perdagangan lintas negara dan kebijakan-kebijakan pasar yang mendorong kemudahan transaksi ekonomi. 

Itulah sedikit penjelasan mengenai tahapan perkembangan sebuah negara. Lalu dimanakah kira-kira letak Indonesia saat ini?. Silahkan jawab sendiri oleh anda?. Baca juga: Konsep trickle down effect pembangunan

Gambar: disini

Mau bimbel tanpa harus keluar rumah dan langsung diajari Maudy Ayunda?
Comments
4 Comments

4 komentar

avatar

Tempat Kursus Website, SEO, Desain Grafis 2015

sangat membantu bagi sayaa .
jgn lupa kunjungan balik yaaa
terima kasih

avatar

mantap banget nih informasinya,, sangat penting untuk dipelajari

mobil bekas murah

Berkomentar dengan bahasa yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search

close
Banner iklan disini
Banner iklan disini
Banner iklan disini