Sel Hadley, Sel Ferrel dan Sel Kutub - Geograph88
News Update
Loading...

May 28, 2013

Sel Hadley, Sel Ferrel dan Sel Kutub

Sirkulasi atmosfer adalah fenomena yang terjadi di atmosfer. Fenomena tersebut sering berhubungan dengan kondisi angin dan perubahan cuaca.

 Sirkulasi/pola gerakan angin di atmosfer merupakan suatu sistem yang rumit dan sering sukar diprediksi. 

Bumi merupakan benda yang berotasi, rotasi bumi mengakibatkan adanya efek corriolis (efek pembelokan angin). 

Karena gaya corriolis tersebut di bumi ini terdapat 3 macam sel sirkulasi di atmosfer yaitu Sel Hadley, Sel Ferrel dan Sel Kutub. Baca juga: Sistem kristal mineral

Sirkulasi atmosfer global
Sel Hadley adalah pola gerakan udara yang naik di khatulistiwa dan turun di sekitar daerah subtropis, akibatnya muncul angin passat di permukaan daerah tropis.

Sel Ferrel adalah pola gerakan udara yang berasal dari daerah sekitar lintang 30 menuju daerah kutub (lintang 60) .

Sel Kutub adalah pola gerakan udara dari kutub menuju daerah lintang 60.

Pola aliran udara di atmosfer
Di wilayah equator, pertemuan 2 sirkulasi Hadley menghasilkan daerah konvergensi antar tropik (DKAT) yang merupakan pusat tekanan rendah. 

Daerah tropik merupakan darah yang mendapat penyinaran lebih besar dibanding daerah subtropis dan kutub sehingga di zona ini banyak terbentuk awan hujan. Baca juga: Zonasi laut menurut intensitas cahaya


Pola sirkulasi atmosfer ini sangat rumit, banyak faktor lain yang menyebabkan terjadinya variasi gejala cuaca di berbagai tempat di muka bumi. 

Belahan bumi bagian utara didominasi oleh daratan dibandingkan daerah selatan, sehingga sering muncul anomali cuaca yang sulit diprediksi. Baca juga: Pengertian proyeksi peta dan jenisnya




UDPATE QUIPPER VIDEO 
Mau diajari trik menjawab soal-soal pelajaran UN dan SBMPTN oleh guru-guru gokil Quipper?. Yuk gabung sekarang, masih ada paket promo lho, kode diskon quipper bisa didapat dengan chat sir Agnas mitra resmi Quipper Indonesia di no WA 08977703302 atau klik langsung di bawah ini.
https://api.whatsapp.com/send?phone=628977703302&text=Halo%20sir%20Saya%20Mau%20kode%20Quipper

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Untuk pembahasan KSN via Youtube, silahkan subscribe Chanel Guru Geografi .
Done
close