Tipe Lava Gunung Api Basalt, Andesit dan Riolit

Lava adalah magma yang keluar dari tubuh gunung api dan bersifat panas. Setiap gunung api memiliki karakteristik jenis lava yang berbeda. 

Berdasarkan komposisi dan sifat fisik dari magma asalnya, sifat eksternal lava seperti cara mengalir, struktur lava setelah membeku dan sebarannya, lava dapat dikelompokan ke dalam 3 jenis yaitu:

1. Lava tipe basalt
2. Lava tipe andesit
3. Lava tipe rhyolite

Apa perbedaan ketiga jenis lava tersebut?. Kita lihat penjelasannya di bawah ini:

Lava basalt merupakan lava yang banyak dikeluarkan dari magma yang berkomposisi mafic, bersuhu tinggi dan memiliki viskositas (kekentalan) yang rendah. 

Lava ini mudah mengalir mengikuti lembah dan menyebar hingga jarak yang  sangat jauh. Contoh gunung api yang mengeluarkan lava jenis ini adalah Gunung Kilauea dan Maona Loa di Kepulauan Hawaii, dan Gunung api di Islandia. 


Di Hawaii jenis lava ini sering disebut Pahoehoe (tali) oleh masyarakat sekitar, karena bentuknya yang menyerupai sebuah tali. Lava basalt  pada saat akan membeku seringkali membentuk struktur tiang dan penampang segilima (Columnar jointing). Baca juga: Konsep geografi lokasi absolut dan relatif

Lava Pahoehoe
Collumnar Joint
Lava Basalt
Lava andesit merupakan lava yang memiliki komposisi antara basalt dan rhyolite atau sering disebut juga intermediate. Lava andesit memiliki ciri kental dan tidak mampu mengalir jauh dari pusat erupsi. Pada saat membeku lava jenis ini dapat membentuk struktur seperti tiang, bantal tapi jarang membentuk struktur Pahoehoe.
Andesit Lava
Endapan Lava Andesit 
Lava rhyolite merupakan lava yang bersifat sangat kental dan jarang sekali dijumpai mencapai permukaan bumi karena sudah membeku dibawah permukaan bumi sebelum terjadi erupsi. 

Rhyolite 
Rhyolite Lava
Sekian penjelasan mengenai tipe lava, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Sumber daya alam pulau Jawa dan sebarannya
Batuan beku dalam dan intrusif
Karakteristik daerah karst atau gamping


Djauhari Noor. 2009. Mineral dan Batuan. Universitas Pakuan Bogor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel