Faktor Lokasi Industri - Geograph88

Faktor Lokasi Industri

Faktor Lokasi Industri
Industri merupakan suatu kegiatan yang pada dasarnya memproses suatu komoditas agar nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan hidup masyarakat. 

Penentuan pemilihan lokasi industri didasari oleh beberapa faktor yang semua tujuannya sama yaitu meminimalkan biaya produksi agar keuntungan semakin besar. 

Baca juga: 

Berikut adalah beberapa contoh faktor-faktor pemilihan lokasi sebuah industri.
Industri Minyak dan gas
1. Lokasi industri dekat dengan bahan baku
Suatu industri didirikan dekat dengan lokasi ketersedian bahan baku jika didasarkan oleh pertimbangan berikut
  • bahan baku yang digunakan mudah rusak
  • biaya angkut bahan baku lebih mahal dibanding biaya angkut barang jadi
  • bahan baku lebih berat dibanding barang jadi
Sifat dan bentuk bahan baku juga memengaruhi terhadap penentuan lokasi industri tersebut. Contoh industri yang harus didirikan dekat dengan bahan baku antara lain industri kayu, industri batu-bara, buah-buahan, gas, minyak. 

2. Lokasi industri dekat dengan pasar
Industri didirikan dekat wilayah pemasaran/konsumen jika pertimbangannya adalah sebagai berikut
  • produksi yang dihasilkan lebih berat dibanding bahan baku 
  • bahan baku yang digunakan tidak mudah rusak 
  • barang produksi mudah rusak 
  • wilayah pemasaran luas   
3. Lokasi industri dekat dengan tenaga kerja
Ketersediaan tenaga kerja menjadi hal penting dalam kemajuan suatu industri. Industri tertentu memilih mendirikan lokasi kegiatan di daerah yang banyak tersedia tenaga kerja terampil dan upahnya relatif murah seperti industri batik, pabrik jamu dan industri rokok.

4. Lokasi industri dekat dengan sarana transportasi
Pemasaran merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam industri. Kelancaran pemasaran akan berpengaruh terhadap keuntungan industri. 

Lokasi industri harus memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi untuk mengangkut barang dan komoditas ke konsumen. 

Contoh industri batu bara di sumatera didirikan dekat dengan jalur kereta api karena pertimbangan ongkos yang murah dan waktu yang lebih cepat. Baca juga: Jenis-jenis patahan kerak bumi



Faktor lainnya yang memengaruhi pendirian industri tentunya adalah harga tanah. Banyak pelaku industri yang memilih mendirikan pabrik di lokasi yang tanahnya masih murah. Meskipun jauh dari lokasi pasar namun jika sarana transportasi lancar maka hal tersebut tidak menjadi masalah. 

Selain itu alasan lainnya adalah faktor kebijakan daerah masing-masing. Itulah beberapa faktor yang mendasari pertimbangan lokasi pendirian suatu industri.


Baca juga:

Gambar: disini                                                                        
close