Black Hole,,,Seperti Apa Wujudnya Di Alam Semesta? - Geograph88

Black Hole,,,Seperti Apa Wujudnya Di Alam Semesta?

Black Hole,,,Seperti Apa Wujudnya Di Alam Semesta?
Pernahkah kalian mendengar istilah Black Hole atau Lubang Hitam?. Lalu seperti apa bentuknya dan bagaimana pembentukkannya?

Apakah benar Black Hole itu warnanya hitam?Matahari bukanlah merupakan salah satu bintang di jagad raya ini dan bintang memiliki massa dan energi yang nantinya akan habis/mati jika sudah kehilangan energinya.

Nah, bintang yang mati itulah yang nantinya berpotensi menjadi sebuah Black Hole. Black Hole dapat dikatakan sebagai vacum cleaner raksasa di alam raya dan kita tidak bisa melihat wujud dari sebuah Balck Hole?Gaib donk kalau begitu?hhaaa..

Baca juga:
Perbedaan lokasi absolut dan relatif
Sirkulasi angin muson di Indonesia
Black Hole Form

Black Hole dapat menarik semua macam materi mulai dari materi terkecil hingga cahaya dapat terperangkap di dalamnya. Black Hole mulai diteliti dari tahun 1700an sebelum Einstein mempopulerkan hal tersebut melalui teori Relativitasnya. 

Para astronom tidak bisa melihat wujud sebenarnya dari Black Hole akan tetapi mereka percaya efek dari materi tersebut ada di alam raya. Baca juga: Terbentuknya gurun pasir di bumi

Bagaimana awal terbentuknya Black Hole?
Black Hole terbentuk dari bintang yang memasuki akhir masa hidupnya. Bintang  seperti matahari terbentuk dari white dwarf atau bintang kerdil. Kemudian bintang bermassa medium mengakhiri hidupnya sebagai neutron star. 

Sedangkan bintagn besar di akhir hayatnya akan menjadi Black Hole. Itulah siklus singkat dari sebuah bintang di alam raya menurut para astronom. Percaya ga percaya silahkan teliti sendiri.

Ilustrasi Black Hole
Black Hole merupakan penghancuran sendiri (self destruction) dari bintang  dan menghasilkan nilai volume 0. 

Analoginya jika kamu memasukan sebuah sendok ke dalam blackhole maka massa sendok tersebut di black hole akan bertambah jutaan kali lipat karena gravitasi yang superbesar dengan kerapatan tak terbatas. 

Para astronom percaya bahwa supermasive black hole terdapat di salah satu ruang dalam galaksi Bima Sakti ini. Itulah sedikit pengenalan mengenai Black Hole, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan. Baca juga: Faktor penyebab perubahan iklim

Sumber dan Gambar:
close