-->

Faktor Penyebaran Sumberdaya Alam Indonesia

Kepulauan Indonesia merupakan wilayah dengan tingkat biodiversitas sumberdaya alam yang tinggi. 

Sumberdaya tersebut melimpah baik di bawah permukaan bumi maupun di atasnya dalam wujud benda mati atau benda hidup.

Apakah yang dimaksud dengan sumberdaya alam?. Sumberdaya alam dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu di permukaan bumi baik benda mati maupun benda hidup yang dapat diusahakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Indonesia memiliki berbagai macam sumberdaya alam yang jika dioptimalkan dengan manajemen dengan baik, maka Indonesia akan menjadi suatu negara maju dan kaya di dunia. 

Saat ini sumberdaya alam di Indonesia belum diusahakan dengan maksimal dan lebih banyak diusahakan oleh pihak asing memiliki teknologi untuk mengolahnya. Berbagai macam mineral mulai dari emas, tembaga, timah, batubara, nikel dan lainnya tersimpan dibawah tanah bumi pertiwi ini.

Baca juga:

Selain itu berbagai macam hewan, tumbuhan, pertanian banyak tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Lalu, faktor apa yang menyebabkan beragamnya variasi sumberdaya alam di Indonesia. Setidaknya ada 3 faktor yang memengaruhi penyebaran sumberdaya alam di Indonesia yaitu:

1. Faktor Geologis
Indonesia merupakan wilayah pertemuan 3 lempeng aktif dunia yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia. 

Karena interaksi 3 lempeng itulah, memungkinkan terbentuknya berbagai macam mineral tambang dibawah bumi. Selain itu aktivitas vulkanis menyebabkan terbentuknya sumberdaya panas geotermal di berbagai wilayah.

2. Faktor Iklim
Kepulauan Indonesia berada di daerah equator yang beriklim tropis. Iklim tropis memiliki karakteristik curah hujan yang tinggi dengan intensitas matahari yang cukup sepanjang tahun. 

Hal tersebut merupakan faktor penunjang pertumbuhan berbagai macam tumbuhan dan hewan di atasnya. Berbagai macam spesies tumbuhan dan hewan dari mulai terkecil hingga besar hidup di atas tanah Indonesia.

3. Faktor Geomorfologi
Geomorfologi berkaitan dengan bentuk permukaan bumi. Variasi bentuk permukaan bumi di Indonesia mulai dari dataran rendah, bukit, pegunungan, sungai, hutan dan lainnya berhubungan dengan jenis sumberdaya yang ada di atasnya. 

Misalnya di dataran rendah dapat diusahakan berbagai macam pertanian seperti sawah, kebun, atau lainnya. Di daerah pegunungan dengan udara sejuk cocok untuk bercocok tanam buah-buahan dan sayuran. Baca juga: Faktor infiltrasi air tanah
Sumberdaya alam
Sumber dan Gambar:
BSE Geografi SMA kelas XI disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel