Ketik Disini

Loading...
On
Loading...

Loading...

Apakah di daerah kalian pernah mengalami gempa atau melihat beritanya di TV?Darimana asal datangnya gempa tersebut?Indonesia merupakan salah satu negara yang sering dilanda bencana gempa bumi dan erupsi gunung api.
Mengapa hal tersebut bisa terjadi?Sebelumnya kita lihat dulu peta Indonesia di bawah ini
Ring of Fire Indonesia




Kalian tentu sudah mendengar istilah Ring of Fire atau cincin api. Indonesia merupakan negara cincin api di dunia karena dikelilingi oleh deretan gunung api aktif dari barat hingga timur. Oleh sebab itu berbagai fenomena seperti gempa bumi dan erupsi gunung api sering terjadi di Indonesia. Saat ini gunung api yang sedang aktif erupsi adalah Gunung Sinabung di Karo Sumatera Utara yang setelah sekian lama tertidur kemudian meletus kembali. 
Kemunculnya deretan gunung api tersebut diakibatkan oleh faktor geologis, yaitu  letak indonesia yang berada pada zona pertemuan 3 lempeng aktif dunia yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik. Interaksi ketiga lempeng itulah yang membentuk busur kepulauan vulkanik Indonesia. Ada 2 jalur pegunungan muda yang melewati Indonesia yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Sirkum mediterania berawal dari Peg. Atlas di Afrika Utara-Peg. Alpen-Peg. Himalaya-Sumatera-Jawa-Bali-Nusa Tenggara-Banda. Sedangkan sirkum pasifik dimulai dari Peg. Andes di Amerika selatan-Peg. Rocky-Kep. Aleut-Jepan-Filipina-Sulawesi-Maluku-Selandia Baru. 

Cincin Api Pasifik
Faktor tersebutlah yang menyebabkan Indonesia kaya akan sumberdaya alam dan kaya juga akan bencana. Kita sebagai masyarakat harus cerdas menyikapi fenomena tersebut karena dampak positifnya lebih banyak dibandingkan negatifnya. Bencana dapat diminimalisir dengan mitigasi bencana yang tersistematis dan handal. Hal yang harus diutamakan adalah bagaimana mengelola/manajemen SDA yang ada secara optimal untuk kesejahteraan rakyatnya.
Erupsi Gn. Sinabung di Sumatera Utara

Sumber dan Gambar:
BSE Geografi X
National Geographic