Apa itu Nanoteknologi - Geograph88

Apa itu Nanoteknologi

Apa itu Nanoteknologi
Pernah mendengar kata atom, molekul?. Tentunya jika kalian berasal dari jurusan IPA pasti tahu. 

Bagaimana cara melihat atom padahal manusia tidak punya kemampuan untuk melihat benda dengan ukuran teramat kecil?

Itulah nanoteknologi. Nanoteknologi adalah suatu kreasi penciptaan dan penggunaan bahan-bahan dengan sekala yang sangat kecil sekali. 

Bahan-bahan atau material nano berukuran  satu sampai 100 nanometer (nm). Satu nanometer sama dengan 1/1 milyar meter atau sekitar 50.000 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia, terbayang kan ekstrimnya ukuran sekecil itu?. 

Para ilmuwan membuat kisaran 1- 100 nm sebagai skala nanometer dan bahan-bahan atau materi-materi yang berada dalam skala tersebut disebut nanocrystal atau nanomaterial.
Skala nano ini sangat unik karena tidak ada zat padat dibuat lebih kecil. 

Banyak mekanisme biologis dan fisika bekerja dalam skala nanometer. Pada skala ini material menunjukkan sifat fisika yang berbeda sehingga para ilmuwan berharap banyak efek baru yang ditimbulkan pada teknologi ini sebagai terobosan di masa depan.

Hingga saat ini nanoteknologi telah berkembang dan menghasilkan berbagai macam produk di berbagai bidang di seluruh dunia khususnya negara maju. 

Contoh yang sering kita lihat dan kita pakai dalam kehidupan sehati-hari adalah perangkat processor komputer yang dapat berfungsi untuk mentransfer data. 

Selain itu produk-produk kosmetik juga telah banyak menggunakan teknologi nano. Namun ilmuwan masih percaya bahwa hingga saat ini mereka baru sebatas menggunakan teknologi nano pada lapisan kulitnya saja. 

Jauh di dalam itu masih banyak lagi misteri-misteri yang belum terpecahkan terkait nanoteknologi. Untuk memahami ukuran skala nano dapat dilihat pada struktur sebuah atom atau susunan banguan terkecil dari suatu materi. 

Atom hidrogen merupakan salah satu atom terkecil yaitu 0,1 nm. Sel manusia berkisar dari 5.000 sampai 200.000 nm  yang berarti sel manusia lebih besar dari skala nanometer. 

Ide dari nanoteknologi adalah fisikawan Richard Feynman yang dalam ceramahnya pada tahun 1959 berkat bahwa ilmuwan nanti akan mampu memanipulasi dan mengontrol atom dan molekul. Istilah nanoteknologi mulai dikenal tahun 1980 Prof. 

Torio Taniguchi membuat istilah nanoteknologi setelah berhasil menghasilkan mikroskpop yang mampu melihat atom. 
Robot Super Mikro
Sumber dan gambar:
disini
http://www.nano.gov/nanotech-101/what/definition
close