Seri Batu Mulia: "Lapis" Batuan Metamorf Berwarna Biru - Geograph88

Seri Batu Mulia: "Lapis" Batuan Metamorf Berwarna Biru

Seri Batu Mulia: "Lapis" Batuan Metamorf Berwarna Biru
Karena sekarang ini masih demam batu mulia atau batu akik maka di kesempatan ini akan dijelaskan kembali sedikit pengetahuan mengenai salah satu batu mulia yaitu Lapis Lazuli atau Lapis. 

Lapis tergolong salah satu jenis batuan metamorf berwarna biru dan telah digunakan sejak dahulu sebagai bahan perhiasan, bahan dasar patung dan ornamen hias lainnya. 

Batu Lapis terdiri atas beberapa mineral tidak sama seperti intan yang hanya memiliki satu mineral yaitu Karbon. 

Warna biru batu lapis dihasilkan dari mineral lazurite yaitu mineral silikat biru dari kelompok sodalite dengan komposisi kimia (Na,Ca)8(AlSiO4)6(S,Cl,SO4,OH)2. 
Cincin Lapis Lazuli
Lapis terbentuk dekat dengan intrusi batuan beku dimana batu kapur atau marmer telah mengalami kontak metamorfik atau metamorfik hidrotermal.

Dalam batu tersebut, mineral lazurite menggantikan bagian-bagian batuan induk sebelumnya dan berkembang secara istimewa membentuk suatu lapisan. 

Afganistan merupakan negara penghasil deposit Lapis terkemuka di dunia dan telah ditambang di sebagian besar negara bagian. 

Negara lainnya adalah Chile, Argentina, Rusia , Kanada dan Paskistan. Jadi kalau anda ingin batu akik Lapis yang berwana Biru maka anda dapat berburu ke negara yang tadi sudah disebut karena di Indonesia belum ada. Selain lazurite, batu Lapis biasanya mengandung kalsit dan pirit. 

Sebuah batu dapat disebut "Lapis Lazuli" jika batu tersebut berwarna biru dan memiliki komposisi 25% lazurite. Kalsit merupakan mineral kedua yang paling banyak ditemukan pada batu lapis lazuli. Kenampakannya sangat jelas dari warnanya yang putih patah-patah atau bintik-bintik.
Mineral Lazurite 
Lapis Lazuli memiliki tingkat kekerasan yang relatif rendah yaitu bernilai 5 dalam skala Mohs. Dalam perhiasan, Lapis paling baik digunakan untuk anting dan liontin. Jika digunakan dalam cincin sebagai mata cincin, lapis dapat mudah rusak. 

Selain untuk perhiasan atau batu akik, lapis lazuli ternyata dapat digunakan juga sebagai bahan dasar cat lukis. Warna biru alami yang dihasilkan lazurite ternyata dapat membuat sebuah lukisan sangat indah dan berharga mahal. 

Lapis lazuli digunakan sebagai bahan dasar cat biru untuk lukisan sekitar abad ke 18 dan sering digunakan oleh beberapa pelukis terkenal seperti Vincent Van Gogh. 

Sekarang, karena biaya yang mahal maka serbuk untuk menghasilkan warna biru laut dari lapis lazuli semakin jarang dan memilih bahan sintetis pengganti lainnya. 

Bagaimana?tertarik memiliki batu akik biru laut ini?. Jika anda penggemar berat batu akik maka tidak salahnya untuk mencoba mencarinya ke luar negeri.

Sumber dan Gambar:
diolah dari berbagai referensi
close