Susah Tidur?Atasi Dengan Minyak Tumbuhan Berikut - Geograph88

Susah Tidur?Atasi Dengan Minyak Tumbuhan Berikut

Susah Tidur?Atasi Dengan Minyak Tumbuhan Berikut
Tidur malam yang baik dan teratur adalah impian setiap orang. Pola tidur malam yang
baik akan membuat tubuh anda menjadi segar keesokan harinya. 

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang mengalami sulit tidur nyenyak alias insomnia karena berbagai hal dan itu akan mengganggu metabolisme tubuh anda sehari-hari. 

Ada banyak hal yang mengakibatkan terjadinya insomnia pada seseorang mulai dari penyakit, konsumsi kafein di malam hari, atau suasana kamar yang tidak nyaman. 

Beberapa metode sudah banyak dihasilkan para peneliti untuk mengatasi gangguan tidur ini dan salah satunya yang mungkin perlu anda coba adalah dengan Aromaterapi. 

Aromaterapi merupakan sebuah produk berupa minyak yang dihasilkan dari tanaman yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai masalah fisik dan emosional salah satunya gangguan tidur. 

rinsipnya anda hanya menghirup aroma yang dihasilkan tanaman tersebut untuk merelaksasi diri anda. Anda dapat mencoba membangun suasana aromaterapi di rumah anda dengan menyisipakan aroma minyak dari tanaman berikut

1. Melati
Melati merupakan salah satu tumbuhan khas Indonesia dan memiliki aroma hipnotik. Aroma melati dapat menenangkan saraf, pikiran dan meredakan emosi. 

2. Bergamot
Bergamot adalah minyak yang dihasilkan dari perasan jeruk citrus yang memberikan aroma yang khas. Aroma segar citrus akan menyegarkan pikiran anda dan menenangkan depresi.

3. Lavender
Lavender sudah dari dulu terkenal berkhasiat sebagai aromaterapi disamping untuk mengusir nyamuk. Lavender merupakan jenis tumbuhan berbunga yang berasal dari wilayah Laut Tengah, Afrika Tropis dan India. 

Tumbuhan ini sekarang banyak menyebar di dunia dan berkhasiat menurunkan depresi dan menenangkan otot. Anda dapat menanamn sendiri lavender di rumah dalam pot.

4. Marjoram
Marjoram adalah sejenis tumbuhan yang biasanya dijadikan bahan dasar permen dan termasuk kategori rempah-rempah. 

Marjoram juga temasuk kategori herbal alami yang salah satu khasiatnya untuk meredakan nyeri otot dan menenangkan pikiran.
5. Chamomile

Charmomile merupakan tumbuhan musiman yang biasa dijadikan teh. Namun selain dibuat teh, charmomile juga dapat diekstrak menjadi minyak yang berkhasiat menenangkan saraf dan membawa anda pada tidur yang nyenyak.

6. Vanilla
Vanila sejatinya sering digunakan untuk bahan dasar kue di dapur. Namun di luar itu vanila dapat diekstrak menjadi minyak aromaterapi dan tidak sama dengan vanila untuk dapur.

7. Kenanga
Kenanga merupakan tumbuhan eksotik yang berfungsi sebagai antiinsomnia dalam keadaan tertentu. Kenanga bisa ditanam di rumah sendiri dan wanginya memang sangat unik dan menenangkan.

Itulah beberapa tumbuhan yang dapat membawa anda pada tidur yang nyenyak. Anda dapat membeli minyak ekstraknya di apotik atau menanamnya sendiri di rumah. 





Gambar:
disini
disini
close