Tips Bagaimana Membuat Taman Herbal di Dapur! - Geograph88

Tips Bagaimana Membuat Taman Herbal di Dapur!

Tips Bagaimana Membuat Taman Herbal di Dapur!
Tanaman obat herbal kini tengah digemari oleh masyarakat karena dianggap memiliki khasiat yang sama dengan obat konvensional dan tanpa efek samping berlebih. 

Tanaman herbal banyak sekali dijumpai di Indonesia dan bisa menjadi bagian dari bumbu masak atau minuman tertentu. 

Jika anda anti mainstream anda bisa membangun taman herba sendiri di rumah, bisa di ruang tamu di ruang tengah atau dapur. 

Disamping itu keberadaan tanaman herbal di sekitar rumah anda akan menambah cantik pemandangan rumah anda dengan tanaman-tanaman tersebut. 

Kali ini saya akan sedikit mengulas tentang cara membuat taman herbal di dapur. Bagaimana caranya?Saya berikan sedikit tipsnya berikut ini



1. Tentukan Lokasi Terbaik
Tanaman herbal sejatinya dapat ditanam di berbagai sudut lokasi rumah anda khususnya dekat jendela. Paling tidak anda membutuhkan minimal 4 jam penyinaran untuk menanam berbagai jenis tanaman herbal. 

Di Indonesia sendiri lama penyinaran matahari adalah 6 jam jadi tentunya akan jauh lebih baik. Kalaupun tidak memiliki jendela yang dapat memberikan sinar matahari alami maka anda bisa membuat atau membeli lampu buatan. 

2. Tentukan Jenis Tanaman Herbal
Setelah menentukan lokasi maka sekarang waktunya memilih jenis tanaman herbal anda. Beberapa jenis tanaman herbal yang bisa ditanam di rumah diantaranya mint, kemangi dan rosemary. 

Cara terbaik menanam tanaman herbal supaya optimal adalah menanam 2 set jenis tanaman sama dalam satu pot kemudian anda dapat merotasi posisi tanaman ke arah jendela setiap dibutuhkan.

3. Pilih Jenis Pot
Tanaman herbal apapun pastinya memerlukan jenis pot yang tepat agar pertumbuhannya optimal. Perlu anda ketahui bahwa tanaman herbal memiliki pertumbuhan yang cepat dan akarnya dapat mengisi pot dalam kurang dari satu musim tanam. 

Pilih pot yang memiliki lubang udara yang baik. Isi pot dengan tanah yang baik atau memiliki kadar humus yang cukup. Siram dengan air terlebih dahulu dan biarkan air mengalir sampai ke semua lapisan tanah lalu tanam bibit herbal anda.

4. Perawatan 
Baiklah setelah anda menanam tanaman herbal anda langkah selanjutnya adalah perawatan rutin. Yang terpentin adalah untuk selalu memotong tanaman herbal anda rutin. 

Dengan begitu struktur tanaman akan selalu baik dan hasil yang diperoleh nantinya akan semakin baik pula. Cobalah untuk memotong batang herbal yang tumbuh seminggu sekali. Rutinlah untuk mengecek kesehatan tanaman anda agar tumbuh dengan baik dan ruangan anda akan semakin cantik dan segar. 

Dan yang paling penting adalah selalu beri air setiap hari jangan sampai terlambat dan tanaman anda akan cepat mati.



Referensi dan Gambar:

disini
disini
close