Soal Latihan UN Materi Peta dan Pemetaan - Geograph88

Soal Latihan UN Materi Peta dan Pemetaan

Soal Latihan UN Materi Peta dan Pemetaan
Dalam geografi, peta memiliki peran penting sebagai alat untuk melihat penyebaran dan mendeskripsikan fenomena atau gejala terjadi di ruang permukaan bumi.

Peta sudah dibuat manusia sejak zaman dahulu dan berkembang pesat di abad 15-20. Penjelajahan dan perjalanan yang dilakukan oleh manusia jaman dahulu membuat peta semakin berkembang dan menjadi petunjuk penting menemukan daerah yang baru.

Di jenjang seolah menengah atas, materi peta dan pemetaan terdapat di kelas XII. Materi peta dan pemetaan pada pelajaran geografi SMA lebih banyak memuat teknik-teknik dasar dalam membaut peta dan komponen-komponennya. 

Beberapa contoh materi yang ada pada bab peta dan pemetaan adalah komponen peta, menentukan arah magnetic azimuth, menghitung skala peta, fungsi peta, dan pemanfaatan peta. 

Contoh soal materi peta di UN geografi tahun 2015 adalah sebagai berikut:
34. Jenis peta
- Peta kemiringan lereng
- Peta penyebaran vegetasi
- Peta curah hujan
Informasi yang dapat diperoleh dari kombinasi peta di atas adalah....
a. daerah rawan longsor
b. penyebaran iklim
c. tata guna lahan
d. daerah pertanian
e. pusat industri

Jawaban yang paling tepat tentunya adalah a. daerah rawan longsor karena informasi kemiringan lerengan berinterelasi dengan jenis dan penyebaran vegetasi dan curah hujan dalam menentukan daerah rawan longsor di sekitarnya. 


Untuk menjawab pertanyaan di atas membutuhkan analisa yang cukup dalam bagi siswa sehingga tidak terjebak oleh satu peta saja. Untuk latihan menjelang UN Geografi, saya berikan contoh kumpulan soal tentang materi Peta dan Pemetaan di bawah ini:
  

close