Memahami Pendekatan Kewilayahan (Regional) - Geograph88

Memahami Pendekatan Kewilayahan (Regional)

Memahami Pendekatan Kewilayahan (Regional)
Dalam geografi dikenal 3 pendekatan yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan atau regional. 

Terus terang dari ketiga pendekatan tersebut pendekatan ekologi atau kelingkungan adalah yang paling mudah didefinisikan dan dipahami.

Yang paling susah adalah memahami pendekatan keruangan dan kewilayahan atau regional. Di postingan ini saya akan coba menjelaskan pendekatan regional. 

Pendekatan regional dalam arti sempit adalah memerhatikan ruang dengan segala kondisinya, setelah melalui analisis mendalam diketahui masih ada ruang yang belum dimanfaatkan atau penggunaannya belum optimal, kemudian dibuatlah perencanaan kegiatan apa yang sebaiknya diadakan pada lokasi tersebut. 

Dari definisi tersebut diketahui bahwa sasaran akhir dari pendekatan regional adalah menentukan kegiatan pada suatu lokasi. 

Pendekatan regional menurut saya dalam hal ini lebih mengarah pada kegiatan ekonomi dan pengembangan di masa depan.

Selain memerhatikan penggunaan ruang untuk kegiatan produksi/jasa, dalam pendekatan ini juga memprediksi arah konsentrasi kegiatan dan memperkirakan kebutuhan fasilitas untuk masing-masing konsentrasi serta merencanakan jaringan-jaringan penghubung sehingga berbagai konsentrasi kegiatan dapat dihubungkan secara efisien.

Pembangunan perumahan harus dikaji seacara kompleks

Analisis regional adalah analisis atas penggunaan ruang saat ini, analisis atas aktifitas yang akan mengubah penggunaan ruang dan perkiraan atas bentuk penggunaan ruang di masa yang akan datang. P

endekatan regional adalah pendekatan yang memandang wilayah sebagai kumpulan dari bagian-bagian wilayah yang lebih kecil dengan potensi dan daya tariknya masing-masing.

Dalam analisis regional sangat perlu diperhatikan kemungkinan munculnya proyek-proyek besar yang baru atau perluasan proyek yang sudah ada dan kemudian mengantisipasi perubahan yang ditimbulkannya terhadap lingkungan maupun terhadap daerah tetangga di sekitarnya. 

Jadi pendekatan regional lebih menekankan pada bagaimana potensi suatu daerah dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan wilayah itu sendiri. 

Gambar: disini
close