Apa itu Energi? - Geograph88

Apa itu Energi?

Apa itu Energi?
Dapatkah kamu melakukan aktifitas sehari-hari tanpa energi?Bisakah kamu berjalan?.

Menggerakan tangan?Bicara?atau melakukan apapun tanpa energi?. Energi tentunya sangat dibutuhkan mahluk hidup untuk menjalani kehidupan.

 Kamu tidak dapat selalu melihat energi, menyentuhnya atau merasakannya tapi energi selalu ada di mana-mana. Lalu apa itu energi?. 

Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan, untuk melakukan sesuatu dan menyebabkan perubahan. Energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan namun ia hanya dapat berubah bentuk. 

Dapatkah kamu menyebutkan jenis-jenis energi?. Contohnya cahaya, panas, listrik dan suara, darimana kamu dapatkan energi listrik?. Kemungkinan jawaban: baterai, makanan atau PLN. 

Dapatkah kamu memikirkan contoh perubahan suatu energi?. Contohnya adalah bola lampu, apa yang terjadi jika kamu menyalakan bola lampu beberapa saat? 

Apakah teras panas?. Ya, itulah contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas.
Sekarang kita bicara tentang pembangkit listrik. 

Pembangkit listrik menghasilkan energi listrik dengan cara merubah energi kimia menjadi energi listrik. 

Gas dibakar didalam reaktor kemudian diubah menjadi panas, kemudian panas mengubah air menjadi uap yang akan menggerakan turbin atau generator dan akhirnya generator menghasilkan listrik. 

Teknologi tenaga uap ini pertama kali ditemukan pada abad ke 17 ketika para insinyur kala itu memikirkan bagaimana cara menggunakan energi dari air yang direbus atau dipanaskan. 

Kemudian energi uap tersebut dikonversi ke bentuk energi mekanik dan digunakan di pertanian, pabrik dan pada alat transportasi. Era ini oleh ahli sejarah disebut dengan Revolusi Industri.

Hampir semua energi berasal dari Matahari. Kita memperoleh energi secara langsung dari cahaya dan panas matahari. 

Namun kebanyakan energi diperoleh secara tidak langsung dari proses pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, batubara dan gas). 

Tumbuhan dan organisme pada dasarnya memiliki energi secara langsung dari matahari dengan bantuan proses fotosintesis.
Alur Siklus Energi
Energi dapat diklasifikasikan ke dalam dua bentuk yaitu energi potensial dan energi kinetik. 

Energi potensial adalah jumlah energi yang tersimpan dalam suatu benda/objek. Apapun memiliki energi potensial. 

Baterai memiliki energi potensial di dalamnya bahkan ketika kamu duduk di kursi, kamu memiliki energi potensial. 

Berapa besar energi potensial kamu tergantung dari faktor berikut seperti tinggi badan kamu dan seberapa besar tubuh kamu?. 

Selanjutnya adalah energi kinetik. Energi kinetik adalah energi yang terdapat pada sebuah objek yang bergerak. 

Apapun yang bergerak memiliki energi kinetik seperti jam yang bergerak, kamu yang berjalan, cahaya, suara dan air yang mengalir pun sama halnya. 

Sumber dan Gambar: disini
close