Profil Negara Inggris - Geograph88

Profil Negara Inggris

Profil Negara Inggris
Siapa yang tidak suka nonton Barclays Premier League?.

Saya yakin semua orang sangat suka dengan Liga Sepakbola terbaik dunia ini. 

Inggris merupakan negara penguasa dunia sehingga bahasa mereka menjadi bahasa komunikasi internasional. Berikut ini deskripsi singkat Inggris.

a. Kondisi geografi dan geomorfologi

Inggris merupakan negara yang terletak di barat laut Eropa dan termasuk dalam wilayah Britania Raya dengan luas 130.395 km2. 

Kepulauan Britania Raya terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia dan Irlandia Utara. 

Sistem pemerintahan Inggris adalah monarki parlementer dengan rajadan ratu  sebagai simbol negara. Kepala pemerintahan Inggris adalah seorang Perdana Menteri. Inggris beribukota di London. Batas geografis Inggris adalah sebagai berikut:
Utara         : Samudera Atlantik
Timur : Laut Utara
Selatan : Selat Dover
Barat         : Samudera Atlantik

Peta Inggris
Berdasarkan keadaan relief dan jenis batuannya, kondisi fisiografis Inggris terdiri atas 2 bagian utama yaitu kawasan pegunungan barat dan utara dan daerah bergelombang bagian timur dan selatan. Ketinggian maksimal daratan di Inggris tidak lebih dari 1000 mdpl.

b. Kondisi Iklim dan Vegetasi
Tipe iklim di Inggris termasuk iklim sedang dengan cuaca yang relatif lembab dan sering berubah-ubah. Faktor utama yang memengaruhi kondisi iklim Inggris adalah lokasinya yang dekat dengan Samudera Atlantik. 

Temperatur tahunan berkisar antara 11˚C di selatan dan 9˚C di wilayah utara. Presipitasi terbesar turun selama bulan Oktober yaitu 760 mm di seluruh Inggris. 

Jenis hutan gugur menutupi wilayah Inggris dengan jenis vegetasi seperti oak dan pinus.

c. Kondisi Sumber Daya Alam
Kepulauan Inggris memiliki beberapa kekayaan alam seperti pertanian dan  sumber daya mineral seperti batu bara, seng, timah hitam dan bijih besi di daerah Cumbria, Staffordshire dan Lancashire. 

Hasil pertanian penting di Inggris diantaranya kentang dan sayur di Lancashire sedangkan gandum di Pegunungan Anglia Timur, Kent, Wonchester dan Devon. 

Energi yang berasal dari sumber daya air sangat sedikit dan sebagian besar terdapat di dataran tinggi Cumbria sebelah Utara. 

Dengan sumber daya yang relatif sedikit, Inggris masih bergantung pada impor bahan bahan baku dari negara lain.
Pemandangan Kota London
d. Kondisi Sosial Ekonomi
Inggris merupakan negara yang memiliki koloni terbesar di dunia sehingga bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. 

Inggris merupakan salah satu pusat kebudayaan di Eropa dan terdapat perpusatakaan terkenal yaitu The British Library. 

Universitas terkenal seperti Cambridge University dan Oxford University merupakan universitas tertua dan masih menjadi salah satu kiblat pendidikan dunia saat ini. 

Sejak awal abad ke 19, Inggris menjadi negara industri pertama di dunia dan terkenal berkat kemakmuran sosial ekonomi masyarakatnya.  

Inggris termasuk negara yang multikultur dengan tingkat toleransi yang tinggi.   
Situs Stonhenge
close