Contoh Proposal Praktikum Geografi BMKG - Geograph88

Contoh Proposal Praktikum Geografi BMKG

Contoh Proposal Praktikum Geografi BMKG
Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu hal penting dalam metode belajar saat ini. 

Siswa diarahkan untuk melihat langsung, mengobservasi langsung sebuah fakta kemudian dari observasi itulah proses berfikir terjadi. 

Dalam pelajaran geografi, pembelajaran kontekstual juga wajib dilakukan, salah satu nya adalah ketika mengajarkan anak tentang konsep cuaca dan iklim. 

Dalam salah satu bab terdapat materi tentang prinsip kerja alat-alat cuaca dan kegunaannya baik dalam penerbangan maupun pertanian dan lainnya. 

Ketika dulu mengajar di salah satu sekolah di Banjarmasin, salah satu agenda wajib saya adalah mengunjungi BMKG di sana. 

Banyak sekali alat-alat yang bisa siswa pelajari langsung di lapangan. Hasil observasi kemudian dapat dijadikan bahan diskusi di kelas.
pic:hariansinggalang
Dengan melihat, mengamati dan merasakan langsung maka siswa akan menjadi seorang pembelajar sesungguhnya. 

Selain itu siswa juga tidak boring belajar di kelas terus. Nah bagi yang memerlukan contoh proposal praktikum geografi ke BMKG, saya berikan filenya di bawah beserta lembar kerja praktikumnya. 

Praktikum ini juga berkolaborasi dengan mapels serumpun yaitu Sosiologi dan Matematika. Semoga membantu. Kalau mau diskusi, silahkan komentar di bawah aja ya.

close