Tokoh Geografi Abad Pertengahan - Geograph88

Tokoh Geografi Abad Pertengahan

Tokoh Geografi Abad Pertengahan
Geografi adalah ilmu yang sudah berkembang sejak lama mulai dari zaman Yunani kuno hingga sekarang. 

Banyak tokoh-tokoh geografi bermunculan sejalan dengan perkembangan ilmu itu sendiri. Kali ini kita akan melihat tokoh-tokoh geografi yang muncul di Abad Pertengahan. 

Pada akhir abad pertengahan, uraian-uraian tentang geografi masih merupakan hasil laporan perjalanan baik yang dilakukan di darat maupun laut. 

Perjalanan yang dilakukan oleh umat manusia telah menyebabkan ditemukannya wilayah-wilayah baru yang sebelumnya belum pernah diketahui  manusia sehingga abad pertengahan sering disebut juga sebagai Revolusi Geografi. 

Kalau kamu kaitkan dengan sejarah tentu akan mengenal istilah Jalur Sutera yang menghubungkan Cina dan Timur Tengah dan menjadi jalur paling sibuk dilalui pedagang kala itu.

Pesatnya perkembangan geografi juga didorong oleh munculnya gerakan pembaharuan di bidang seni, filsafat, renaisans dan humanisme agama sehingga para sarjana lebih leluasa dalam mengemukakan pendapatnya tentang kondisi bumi. 

Pada masa ini konsep geografi yang bersifat matematis juga berkembang lebih pesat karena mulai longgarnya tekanan gereja terhadap sarjana yang temuannya seringkali bertentangan dengan tafsiran gereja dan kitab suci. Berikut ini para tokoh-tokoh geografi abad pertengahan.

1. Marcopolo
Ia merupakan seorang petualang asal Venesia Italia dan pada tahun 1272-1295 melakukan perjalanan menjelajahi Asia Timur dan Asia Tengah dari Italia.


2. Bartholomeus Diaz
Ia merupakan seorang pelaut Portugis dan melakukan perjalanan sampai ke Tanjung Harapan (Cape of The God Hope) di Afrika Selatan dan diteruskan dengan mengarungi Samudera Hindia ke Kalikut India pada tahun 1486.

3. Vasco Da Gama
Ia meurpakan seorang pelaut Portugis dan mengabdi pada raja Portugis dan dipilih untuk melakukan pelayaran mencari rute ke wilayah Timur. Ia mulai berlayar pada tahun 1497 dengan membawa 4 kapal kecil dan 170 awak. 

Dia melakukan perjalanan dengan rute yang sama dengan Bartholomeus Diaz dan terus melanjutkannya hingga sampai di Indonesia pada 1498.

4. Cristhoper Columbus
Ia adalah seorang pelaaut asal Genoa Italia. Pelayaran pertamanya dimulai tahun 1492-1493 mengarungi Samudera Atlantik hingga sampai di Kuba dan Haiti dan menemukan benua Amerika yang tujuan sebenarnya adalah menuju India. 

Dalam perjalanan yang kedua tahun 1493-1494 ia sampai di Kepulauan Bahama  dan di dalam perjalanannya yang ketiga pada 1498 dia sampai di pantai Venezuela dan pada penjelajahan keempatnya di tahun 1502-1504 ia menjelajahi daratan Amerika Tengah.

5. Amerigo Vespuci
Ia adalah seorang pelaut Itali dan memulai pelayaran pada 1501-1502 di Samudera Atlantik melalui Tanjung Horn di Patagonia dan menyeberangi Samudera Pasifik dan berlabuh di Filipina.

6. Ferdinand Magelhaens
Ia melakukan perjalanan ke Amerika Selatan pada tahun 1519 dan melanjutkan pelayarannya ke Filipina pada 1521.

7. Nicolas Copernicus
Ia mengemukakan bahwa Bumi berbentuk bulat, bergerak pada porosnya dan melakukan gerak edar mengelilingi matahari. Teorinya ini dikenal dengan Heliosentris dan mematahkan teori yang sudah lama berkembang saat itu yaitu Geosentris. 

Usaha Copernicus kemudian dilanjutkan Galileo Galilei dan Johanes Kepler hingga akhirnya diketahui tentang gambaran posisi Bumi dalam Tata Surya dalam Hukum Kepler.

Pengaruh penmuan Sarjana Ilmu Alam pada abad ke 17 seperti Newton, Boyle dan Huygins menyebabkan orang mulai mempelajari lebih dalam tentang gejala-gejala fisis seperti gunung, laut, angin dan sebagainya. 

Kondisi ini menunjukkan mulai berkembangnya geografi fisis di tengah masyarakat. Sampai abad ke 18 gegorafi sangat berhubungan erat dengan sejarah dan astronomi kala itu. 

Baca juga: Rangkuman bab konsep geografi lengkap

Sumber dan Gambar:
Geografi Sebuah Pengantar. Iwan Hermawan. disini
close