Pengaruh Jenis Domain Terhadap CPC Adsense - Geograph88

Pengaruh Jenis Domain Terhadap CPC Adsense

Pengaruh Jenis Domain Terhadap CPC Adsense
Pengaruh Jenis Domain Terhadap CPC Adsense- Pastinya para publisher adsense sering bertanya dan penasaran tentang pengaruh domain terhadap nilai CPC Adsense. 

Kalau kita mau main adsense apakah harus pakai blog TLD atau blogspot gratisan?, mana yang terbaik?. 

Jika anda ingin serius bermain adsense apalagi memiliki modal, alangkah baiknya untuk langsung saja membuat blog TLD bukan blogspot. 

Sebenarnya dalam peraturan GA tidak ada sama sekali pengaruh domain TLD atau blogspot terhadap nilai CPC adsense. 

Yang memengaruhi terhadap CPC adalah kualitas, niche blog dan jenis iklannya bukan masalah blogspot atau TLD nya. Nih lihat penjelasan google di bawah:


Dalam paragraf di atas google merekomendasikan untuk tidak terlalu memaksa menulis blog ber HPK tinggi namun merekomendasikan untuk menulis konten yang merupakan keahlian alias passion penulis itu sendiri. 

Baik domain blogspot gratisan maupun TLD tidak masalah, yang penting isi blog memiliki kualitas di mata google dan banyak dicari orang. Ingat bahwa kunci sukses di adsense adalah trafik. 

Darimana trafik itu muncul? ya dari artikel yang berkualitas, unik, orisinil yang mengundang banyak orang untuk membacanya. 

Memang benar bahwa beberap niche khusus seperti forex, teknologi, asuransi memiliki cpc yang besar namun apakah anda menguasai ilmu tersebut?.

Balik lagi ke soal pemilihan blogspot atau TLD, sebelum anda memulai menjadi publisher adsense maka lebih baik anda bergabung dengan forum-forum bisnis onine atau klub blogger di tempat anda untuk sharing ilmu tentang pemilihan domain ini. 

Saya sendiri hingga saat ini masih menggunakan blogspot karena jika diupgrade ke TLD maka akun akun seperti histats, FB fans page dll harus diubah lagi. 

Pengalaman saya meskipun blog gratisan, kadang menemukan nilai klik CPC diatas 0,10. Itu artinya domain tidak berpengaruh, yang berpengaruh adalah kualitas dan niche artikel itu sendiri. 

Akan tetapi blog TLD memiliki banyak keunggulan yaitu ia akan lebih eksis secara human (bukan search engine) artinya blog TLD lebih profesional dan gaya di mata orang karena tidak ada embel-embel blogspot di belakangnya. 

Namun ini balik lagi ke anda, apakah ingin memilih blog TLD atau blogspot. Setahu saya banyak blogger yang memakai blogspot yang memiliki SEO blog mengalahkan blog premium. Ini tergantung skill anda sendiri dalam memelihara blog. 

Jika anda mampu membuat konten berkualitas dengan blogspot maka earning adsense pun akan meningkat juga. Jadi menurut saya tidak ada pengaruh jenis domain terhadap nilai CPC adsense, yang ada adalah pengaruh domain terhadap profesionalitas blog itu sendiri. 

Untuk sukses di bidang adsense ini yang penting adalah mengenali passion anda dan siap untuk gila menulis. 

Karena semua passion anda akan dituangkan ke dalam blog. Seperti saya yang berprofesi sebagai guru geografi maka tulisan di blog ini dominan diisi materi geografi. Jadi kenalilah passion anda terlebih dahulu sebelum membuat blog adsense. 
close