10 Batu Mulia Langka di Bumi - Geograph88

10 Batu Mulia Langka di Bumi

10 Batu Mulia Langka di Bumi
Anda pecinta batu akik atau batu mulia?. Jika iya tentu anda tahu mengenai jenis-jenis batu mulia yang unik dan berharga mahal di pasaran. 

Namun tahukah bahwa ada 10 batu mulia yang sangat langka di bumi ini?. 

Jika anda ingin mengoleksinya, berikut deskripsinya dan sediakan saja cukup dana untuk menebusnya.

1. Musgravite
Musgravite ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di wilayah musgrave Austalia. Warna batu mulia ini antara abu kehijauan hingga keunguan. 

Mineral ini merupakan keluarga Taffeite. Saat pertama kali ditemukan hanya terdapat 8 buah saja. 

Namun saat ini batu mulia ini banyak ditemukan di Tanzania, Madagaskar, Antartika, Sri Lanka dan Greenland. Nilai dari Musgravite sekitar $ 35.000 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Musgravite, src:https://media.licdn.com/
2. Jadeite
Jadeite merupakan batu zamrud hijau yang ditemukan di Myanmar. 

Warna batu ini sangat bervariasi dan jenis paling berharga ialah yang berwarna hijau transparan selain abu, kuning, lavender dan oranye. Ini merupakan salah satu dari dua jenis batu giok yang paling mahal.

Jadeite merupakan batu yang kuat dan pada zaman kuno sering digunakan untuk membuat perkakas dan senjata terutama di kebudayaan Aztec dan Maya. 

Selain itu batu ini sering digunakan untuk media penyembuhan. Beberapa spesimen batu mulia ini ditemukan di Guatemala, AS, Kanada dan Rusia. 

Batu mulia ini sering digunakan untuk perhiasan dengan nilai jual $ 20.000 per karatnya.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Jadeite, src:http://www.chinaneolithic.com/
3. Alexandrite
Alexandrite sangat menarik dari sisi perubahan warnanya. Perubahan warnanya tergantung dari pemotongan sudut batuannya dan gradasi warna yang dihasilkan mulai dariungu kemerahan, biru hingga kehijauan. 

Ditemukan di Pegunungan Ural pada 1830, geolog pernah menyangka pasokan batu ini habis. Ternyata batu ini ditemukan kembali di Afrika Timur, Srilanka dan Brasil. 

Alexandrite terbentuk saat berilium dan kromium ada di tempat yang sama. Batu ini banyak digunakan untuk perhiasan dengan harga jual $ 12.000 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Alexandrite mineral, src:http://www.realgems.org/
4. Red Beryl
Beryl atau batu permata merah pertama kali ditambang untuk komersil di Peg. Wah Wah negara bagian Utah AS. Batu ini 1.000 kali lebih berharga dibandingkan emas dan hanya bisa ditemukan di Utah dan New Mexico. 

Perbandingan jumlah permata dengan red beryl adalah 1000 :1. Kristal terbesar yang pernah ditemukan berukuran panjang 5 cm dan lebar 2 cm. Biasanya batu berkulitas tinggi berukuran dibawah 1  cm. Ketika dijadikan perhiasan, beryl merah dapat dijual antara $ 2.000 - $ 10.000 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Red Beryl mineral, src:http://www.mineralminers.com/
5. Grandidierit
Ditemukan pada 1902 di Madagaskar, batu permata ini masuk jenis yang terlangka di dunia. Beberap jenis ini ditemukan di Sri Langka, Namibia dan Malawi namun bukan berkualitas batu permata. 

Warna batu ini memancarkan biru kehijauan seperti laut tropis. Semakin buram warnanya maka semakin berkurang nilainya. Harga batu ini bervariasi tergantung kualitasnya dan berkisar antara $ 1.000 -$ 3.000 per karatnya.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Grandidierite mineral, src:http://www.fabreminerals.com/
6. Benitoit
Batu ini berasal dari Sungai Benito di negara bagian California AS. Ditemukan pada 1907, batu ini memiliki warna ungu kebiruan yang gelap. 

Menariknya, batu ini bersinar di bawah sinar ultraviolet. Baru-baru ini benitoit ditemukan di Jepang dan negara bagian Arkansas. Harga jual batu ini antara $ 3.000 - $ 4.000 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Benitoite mineral, src:http://www.statesymbolsusa.org/
7. Black Opal
Black Opal memiliki gradasi warna keabu-abuan dengan bintik warna-warni api mengkilau. Warna ini dihasilkan dari adanya karbon dan oksida besi di dalamnya. 

Semakin gelap warna dasarnya maka harganya semakin mahal. Batu permata ini sangat halus dan cocok untuk perhiasan anting. 

Tambang batu ini berada di New South Wales dan termasuk jarang. Harga batu ini berkisar antara $ 2.300 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Black Opal Mineral, src:http://www.extravaganzi.com/
8. Tanzanite
Batu ini khusus ditambang dari kaki Gn. Kilimanjaro Tanzania. Batu ini tidak ditemukan hingga tahun 1960. Batu ini memiliki warna ungu kebiruan. 

Semakin hidup warnanya maka harganya semakin mahal. Warna biru dihasilkan dari mineral vanadium yang menjadi semakin gelap jika dipanaskan selama 30 menit. 

Tanzanite tergolong langka dan diperkirakan akan habis dalam 20 - 30 tahun ke depan. Harga batu ini antara $ 600 - $ 1.000 per karat.
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Tanzanite Mineral, src:http://www.marinmineral.com/
9. Taaffeite
Batu berwarna keunguan ini ditemukan pada tahun 1945 dan dinamakan sesuai dengan penemunya Richard Taaffe. Batu ini sangat jarang dan ditemukan hanya di Sri Langka dan Tanzania. Harga batu ini $ 1.500 - $ 2.500 per karat. 
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Taaffeite mineral, src:http://www.crystal-treasure.com/
10. Intan Merah
Intan atau permata memiliki banyak warna seperti kuning, biru, putih, merah muda, merah dan hitam. Dan jenis paling langka adalah permata merah. 

Jenis intan merah ditemukan di Brasil, Afrika dan Australia dan berjumlah kurang dari 50 buah. Warna batu permata merah berasal dari deformasi atom dalam strukturnya. 

Harga batu permata ini berkisar dari $ 100.000 per 0,2 karat. Wow. Sumber: wordatlas
10 Batu Mulia Langka di Bumi
Intan Merah, src:http://wgnhs.uwex.edu/
close