Ketik Disini

Loading...
On
Loading...

Loading...

Globalisasi berdampak pada semua aspek kehidupan manusia namun bentuk globalisasi yang umum adalah globalisasi ekonomi dan kebudayaan. Globalisasi ekonomi adalah suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi ekonomi mensyaratkan penghapusan semua batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas wilayah di dunia ini semakin kabur dan interaksi ekonomi lintas regional semakin cepat dan intens. Globalisasi ekonomi di satu sisi akan membuka peluang pasar produk dalam negeri ke luar negeri namun di sisi lain produk global juga akan masuk menyerbu Indonesia.
Perwujudan nyata globalisasi ekonomi antara lain terjadi dalam bentuk berikut:
Bentuk-Bentuk Globalisasi Modern
Invasi Produk Barat, src:panadol75.blogspot.com
a. Globalisasi produksi
Perusahaan berproduksi di berbagai negara dengan tujuan agar biaya produksi menjadi lebih rendah. Produksi di berbagai negara disebabkan upah buruh yang rendah, tarif bea masuk yang murah, infrastruktur yang memadai atau iklim usaha dan politik yang kondusif. Dalam hal ini dunia menjadi lokasi manufaktur global.

b. Globalisasi pembiayaan
Perusahaan global memiliki akses untuk mendapatkan pinjaman atau melakukan investasi di seluruh negara. Contohnya, PT Telkom dalam memperbanyak satuan telepon atau PT Jasa Marga dalam memperbanyak ruas jalan tol telah memanfaatkan sistem pembiayaan dengan pola BOT (built-operate-transfer) bersama mitra usaha dari mancanegara.

c. Globalisasi tenaga kerja
Perusahaan global akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai kelasnya seperti penggunaan staf profesional diambil dari tenaga kerja yang telah memiliki pengalaman internasional atau buruh kasar yang biasa diperolah dari negara berkembang. Dengan globalisasi maka mobilisasi manusia akan semakin mudah dan cepat.

d. Globalisasi jaringan informasi
Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui media sosial, TV, internet dan lainnya. Jaringan komunikasi yang semakin canggih telah memperluas pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Coba lihat kini anda bisa berjualan membuka lapak dagang di facebook, twitter atau BBM.

e. Globalisasi perdagangan
Globalisasi ini terwujud dalam bentuk penurunan dan penyeragaman tarif serta penghapusan berbagai hambatan non tarif. Dengan begitu kegiatan perdagangan semakin cepat, ketat, fair dan efisien.

Globalisasi kebudayaan merupakan gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia. Awal mula globalisasi ini terjadi sejak awal penjelajah Eropa mulai bergerak ke seluruh dunia. Namun perkembangan globalisasi kebudayaan secara masif mulai terjadi pada awal abad ke 20 dengan ditemukannya komputer dan internet. Melalui internet, perkembangan dunia dapat diakses hanya dengan melihat di layar monitor dan kemudian diadopsi oleh masyarakat lokal. Berbagai budaya barat mulai masuk dan menggusur budaya kearifan lokal luhur bangsa Indonesia. Baca juga: Kearifan lokal Kampung Naga Tasikmalaya