Geolog itu Profesi Apa? - Geograph88

Geolog itu Profesi Apa?

Geolog itu Profesi Apa?
Bila kamu sudah cinta pada batu akik nampaknya kamu cocok jadi seorang geolog. Sebelum saya jelaskan apa itu geolog dan pekerjaannya, saya akan kemukakan dulu apa itu geologi. 

Geologi ada sebuah studi tentang bumi, bahan penyusunnya, strukturnya dan semu proses yang terkait di dalamnya. 

Geologi juga mempelajari tentang organisme yang pernah menghuni planet ini. Bagian penting lain dari geologi adalah studi tentang bagaimana bumi beserta bahan struktur, proses dan organismenya berubah dari waktu ke waktu.

Apa yang Geolog lakukan?
Geolog atau ahli geologi bekerja memahmi sejarah perkembangan planet bumi. Mereka dapat menjelaskan sejarah bumi dengan baik dan meramalkan kejadian-kejadian di masa lalu dan dampaknya di masa depan.
Geolog itu Profesi Apa?
Jadi Geolog itu asik, pic:http://blogs-images.forbes.com/
Geolog akan mempelajari proses-proses mekanisme bumi seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir, erupsi yang sangat berbahaya bagi banyak orang. 

Geolog akan bekerja memahami proses-proses kejadian tersebut untuk meminimalisir kerugian dan korban jiwa di masa depan. 

Jika seorang geolog dapat memetakan daerah erupsi di masa lalu maka ia akan dengan mudah dapat memprediksi pola erupsi di masa depan dengan membuat peta zonasi untuk meminalisir korban.

Geolog akan mempelajari material penyusun bumi. Manusia banyak memanfaatkan material dari alam untuk kehidupan mereka seperti tanah, batu atau minyak. 

Seorang geolog akan mempelajari tentang bagaimana cara menemukan bahan-bahan galian penting dan bagaimana teknik menggalinya. 

Berbagai metode mereka gunakan untuk mengambil bahan-bahan berharga dari dalam bumi dengan biaya yang efisien dan aman tentunya.

Geolog akan mempelajari tentang sejarah perkembangan bumi. Kita tahu bahwa bumi semakin hari semakin berubah contohnya perubahan iklim yang ditandai dengan semakin berkurangnya es di kutub. 

Geolog akan mempelajari proses tersebut dan mengaitkannya dengan peristiwa serupa di masa lalu untuk meramalkannya di masa depan sehingga manusia bisa mengantisipasinya dengan sebaik mungkin.

Karir di Geologi
Menjadi geolog merupakan pilihan karir yang menarik saat ini dan banyak manfaatnya di tengah bencana yang sering melanda dunia saat ini. 

Anda membutuhkan minimal kuliah 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana geologi. Selain itu anda membutuhkan berbagai keterampilan penunjang lain seperti komputer, geografi, dan SIG. 

Di Indonesia saat ini ahli-ahli geologi handal diperlukan untuk menganalisa kondisi fisik semua wilayah Indonesia, potensi dan bahayanya. 

Anda tentunya harus siap terjun langsung ke alam dengan alat-alat tempur berupa palu, sekop atau lainnya. 

Kerja keras anda tidaklah sia-sia karena geolog saat ini dibayar cukup mahal dan pastinya menjanjikan kesejahteraan yang baik. 

Jika kamu ingin menjadi geolog maka kamu harus menguasai dulu geografi, matematika dan fisika. 
close