Pengertian Ekologi Sebagai Sebuah Ilmu - Geograph88

Pengertian Ekologi Sebagai Sebuah Ilmu

Pengertian Ekologi Sebagai Sebuah Ilmu
Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu ekologi yaitu ilmu pengetahuan tentang hubungan antara organisme dan lingkungannya. 

Bisa juga ekologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari pengaruh faktor lingkungan terhadap jasad hidup. 

Ada juga yang mengatakan bahwa ekologi adalah suatu ilmu yang mencoba mempelajari hubungan antara tumbuhan, binatang dan manusia dengan lingkungannya di mana mereka hidup, bagaimana kehidupannya dan mengapa mereka ada disitu. 

Ekologi berasal dari bahasa Yunani 'oikos' artinya rumah dan 'logos' berarti ilmu. Secara harfiah ekologi adalah pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya. 

Ekologi hanya mempelajari apa yang ada di dalam dan apa yang terjadi dengan tidak melakukan percobaan.
Pengertian Ekologi Sebagai Sebuah Ilmu
Bumi adalah rumah bagi mahluk hidup yang wajib dijaga kelestariannya

Menurut Odum, ekologi mutakhir adalah suatu studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem atau alam di mana manusia adalah bagian dari alam.

Struktur disini menunjukkan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kepadatan, biomassa, penyebaran potensi unsur hara, enegri, faktor fisik dan kimia lainnya yang  mencirikan sistem tersebut. 

Sementara fungsinya menggambarkan hubungan sebab akibat yang terjadi dalam sistem. Jadi pokok utama ekolog adalah mencari pengertian bagaimana fungsi organisme di alam.

Pada dasarnya ekologi adalah ilmu dasar yang tidak mempraktikkan sesuatu. Ekologi adalah ilmu tempat mempertanyakan dan menyelidiki. 

Ekologi berkaitan dengan berbagai ilmu pengetahuan yang relevan dengan kehidupan manusia. Seorang yang belajar ekologi sebenarnya bertanya berbagai hal berikut ini:

1. Bagaimana alam bekerja.
2. Bagaimana suatu spesies beradaptasi dengan habitatnya
3. Apa yang mereka perlukan dari habitat itu unutk dapat dimanfaatkan guna melangsungkan hidupanya.
4. Bagaimana mereka mencukupi kebutuhannya akan unsur hara dan energi.
5. Bagaimana mereka berinteraksi dengan spesies lainnya.
6. Bagaimana individu-individu dalam spesies itu diatur dan berfungsi sebagai populasi.
7. Bagaimana keindahan ekosistem tercipta.

Jelas bahwa ekologi merupakan ilmu yang mempelajari mahluk hidup dalam rumah tangganya atau ilmu yang mempelajari pola hubungan timbal balik antara mahluk hidup sesamanya dan dengan komponen di sekitarnya. 

Berbagai masalah kehidupan saat ini banyak yang disebabkan oleh interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya. Dalam hal ini ekologi bisa berperan dalam mengkaji dan menganalisanya agar kehidupan di bumi terus berlanjut dengan seimbang.

Gambar: disini
close