Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia - Geograph88

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia
Kebutuhan hidup manusia dari waktu ke waktu semakin bertambah. 

Coba saja kamu perhatikan setiap hari apa saja yang kamu beli?. Mulai dari makanan, minuman, pulsa, handphone sampai mobil, rumah bisa dibeli. 

Kebutuhan hidup setiap orang berbeda-beda dan jika diteliti ada beberapa hal yang menyebabkan kebutuhan itu berbeda-beda guys. 

Inilah faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan kebutuhan hidup manusia.

1. Peradaban
Peradaban adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Dulu peradaban manusia masih rendah dan kebutuhan manusia tentu hanya tertuju pada jenis primer seperti makan dan tempat tinggal. 

Jenis kebutuhan serta cara pemenuhannya masih sangat sederhana. Contoh nenek moyang kita cukup berpakaian apa adanya dari bahan alam, makan pun cari di alam dan hanya dibakar saja mungkin.

Seiring berkembangnya zaman, peradaban makain melesat dan kebutuhan makin banyak. Kini makanan bisa menjadi barang mewah dan berharga mahal. Berbagai kebutuhan sekunder dan primer kini bisa menjadi primer di mata seseorang.
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kebutuhan Manusia
Petani di lereng Merapi
2. Lingkungan
Lingkungan masuk dalam salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Kebutuhan masyarakat yang hidup di pegunungan pasti akan beda dengan yang hidup di dekat sungai. 

Penduduk pegunungan lebih membutuhkan cangkul, benih tanaman untuk bercocok tanam sementara orang di pinggir sungai lebih membutuhkan perahu atau jaring pancing untuk menangkap ikan.

3. Adat
Adat atau tradisi juga bisa mempengaruhi banyak tidaknya perbedaan kebutuhan suatu individu atau kelompok. 

Pria di Jawa punya tradisi menggunakan blankon sementara di daerah lain seperti Papua mungkin membutuhkan Koteka.

4. Agama
Agama juga masuk dalam salah satu faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu. 

Misalnya, penganut agama Islam membutuhkan sajadah untuk salat sementara penganut Hindu membutuhkan sesajen untuk ibadah di Pura dan lainnya.
close