Perlawanan Masa VOC: Perlawanan Kesultanan Mataram - Geograph88

Perlawanan Masa VOC: Perlawanan Kesultanan Mataram

Perlawanan Masa VOC: Perlawanan Kesultanan Mataram
Semenjak ekspansi Eropa barat ke berbagai belahan dunia, beberapa wilayah di dunia mengalami imperlialisme tak terkecuali Indonesia. 

Penjajahan bangsa barat ini menimbulkan keresahan dan kesengsaraan bagi rakyat di berbagai daerah. 

Hal inilah yang memicu terjadinya perlawanan terhadap VOC oleh rakyat nusantara, salah satunya adalah Kesultanan Mataram. 

Awalnya hubungan antara Kesultanan Mataram dan VOC berjalan baik. Lewat tipu muslihat, VOC berhasil merayu kerajaan Mataram agar bisa mendirikan benteng dan kantor perwakilan di daerah Jepara.

Akan tetapi lama kelamaan, Mataram di bawah Sultan Agung menyadari bahwa kehadiran VOC di wilayah kekuasaannya sangat membahayakan pemerintahan, sebagaimana dialami Jayakarta yang telah sepenuhnya dikuasai oleh VOC. Sultan Agung adalah raja terbesar Mataram yang punya cita-cita besar antara lain:
Perlawanan Masa VOC: Perlawanan Kesultanan Mataram
Peta kekuasaan Mataram
1. Menyatukan seluruh Jawa di bawah Mataram
Pada waktu itu wilayah-wilayah yang belum dikuasai Mataram adalah Banten, Surabaya dan Blambangan.

2. Mengusir VOC dari Jawa
Dalam rangka mewujudkan cita-cita besarnya, Sultan Agung bermaksud membendung usaha-usaha VOC melakukan tekanan politik dan monopoli perdagangan. Serangan pertama Mataram terhadap VOC adalah ke kantor dagang di Jepada pada tahun 1618.

Selanjutnya, Sultan Agung menyerang Batavia. Keberadaan VOC di Batavia dianggap sebagai penghambat ambisi Sultan Agung menguasai sepenuhnya Tanah Jawa. 

Secara khusus menghambat penguasaan atas Banten. Sultan Agung menyerang Batavia sebanyak dua kali yaitu tahun 1628 dan 1629.

Serang pertama Mataram ke VOC gagal pada 1628. Tidak kurang dari 1.000 prajurit Mataram tewas dan serangan kedua pada Agustus-Oktober 1629 dengan kegagalan. 

Faktor gagalnya serangan ini adalah kurangnya persediaan makanan (akibat lumbung makanan di Pantai Utara Jawa dimusnahkan VOC), kalah persenjataan dan wabah penyakit yang melanda pasukan Mataram.
close