Sejarah Revolusi Industri Pertama Abad 17 - Geograph88

Sejarah Revolusi Industri Pertama Abad 17

Sejarah Revolusi Industri Pertama Abad 17
Revolusi industri merupakan cikal bakal era kapitalisme dan ekspansi produk luar negeri. Revolusi industri berlangsung di Inggris pada abad ke 17. 

Inovasi dalam produksi katun adalah awal pemicu revolusi industri dan ekonomi modern. Begitu besarnya kontribusi tekstil katun bagi kemajuan ekonomi Inggris membuat ahli ekonomi Joseph Schumpeter mengatakan bahwa sejarah industrialisasi Inggris dari 1787-1842 bisa dirangkum dalam satu jenis industri ini. 

Jadi setelah era kegelapan alias dark age Eropa di abad pertengahan, mereka mulai bangkit melalui renaisans dan revolusi industri hingga menjadi bangsa besar saat ini.

Revolusi industri ini guys dimulai pada tahun 1750 an dan awalnya penemuan hanya sebatas pada hal-hal berbau tekstil seperti pemintalan kapas. 

Tapi jangan salahm hal kecil inilah yang terus dikembangkan dan disempurnakan. Kumparan terbang John Kay disempurnakna oleh James Hargreaves pada tahun 1767. 

Hargreaves menemukan mesin pemintal yang dapat menghasilkan beberapa benang yan disebut spinning jenny. 

Mesin ini digerakan oleh tenaga kuda dan tenaga air. Mesin buatan Hargreaves adalah salah satu kreasi inovasi revolusioner dalam hal pakaian katun selama 50 tahun berikutnya.
Sejarah Revolusi Industri Pertama Abad 17
Lokomotif uap jaman dulu
Dengan penemuan-penemuan tadi maka produksi katun massal pun dimulai dan munculah pabrik. Seiring dengan itu muncullah sistem kapitalisme. 

Para kapitalis adalah orang pemilik modal, membeli mesin dan menaruhnya di pabrik dan memproduksi barang. 

Mesin yang cukup  besar dan jumlah tenaga kerja banyak memang membutuhkan ruang yang luas. 

Dengan demikian industri rakyat digantikan sistem pabrik dan dengan produksi massal biaya produksi menjadi lebih murah dan harga-harga barang lebih terjangkau.

Kemudian di tahun 1769 James Watt berhasil membuat mesin uap pertamanya yang lebih efisien daripada mesin uap yang dibuat Thomas Newcomen. 

Mesin uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanik. Hasil temuan Watt ini menginspirasi penemuan lainnya seperti pompa, lokomotif dan kapal laut. 

Di tahun 1785 Edmund Cartwright menemukan mesin tenun yang digerakkan oleh uap. Hasil pemintalan lebih efisien dan lebih banyak. 

Pada tahun 1750, Abraham Darby menggunakan batu bara unruk melelehkan besi demi mendapatkan nilai besi yang lebih sempurna.

Pada tahun 1783 Marquis de Jouffroy d'Abbans menggunakan mesin uap untuk menggerakan kapal. Pada 1802 William Symington menemukan kapal kincir. 

Pada 1804 Richard Trevithick membuat lokomotif uap pertama yang disempurnakan oleh George Stepehenson menjadi kereta api penumpang. Kapal perang dengan mesin uap dibuat oleh Robert Fulton di tahun 1814. 

Mesin uap membuat alat transportasi semakin berkembang pesat dan kehidupan manusia mulai berubah. Gambar: disini
close