Sharing Pengalaman Tes CPNS Kemenag - Geograph88

Sharing Pengalaman Tes CPNS Kemenag

Sharing Pengalaman Tes CPNS Kemenag
Halo teman-teman, kali ini saya akan coba berikan pengalaman saya ikut tes CPNS Kemenag kemarin. 

Meskipun hasil ya ga memenuhi passing grade TKP nya sih, he tapi buat sharing teman-teman yang mau ikut tes kolosal ini. 

Oke jadi ceritanya nih kan tes CPNS dibuka Oktober, nah saya lalu buka formasi dan pilih Kemenag untuk guru geografi. Setelah daftar online dan kirim berkas yang lumayan ribet juga, alhamdulillah lulus berkas dan harus tes TKD. 

Tes TKD ternyata dilaksanakan di Bandung di Hall Eldorado dekat Lembang tanggal 5 Nopember, waduh pas hari kerja. Ya sudahlah bolos dulu deh.

Singkat cerita saya lapor dulu ke kepsek mau tes CPNS, ijin dua hari karena tesnya malam. Saya berangkat minggu pagi pakai motor dari Bekasi ke Bandung. 

Jalurnya lewat Cikarang, Subang, Jalan Cagak, Lembang sampai UPI. Terus nginep dimana?. 

Karena teman-teman di Bandung udah pada nikah dan gak enak kalau nebeng maka ya sudah cari kos. 

Dapat kos depan UPI harga 100 ribu semalam. Saya nyampe Bandung jam 12 siang dan langsung makan, mandi lalu tidur dulu karena hectic banget.

Nah ternyata di kos-kosan juga pada banyak mahluk berbaju hitam putih yang baru tes CPNS. Banyak yang koar-koar pusing lah apa lah, he..he. 

Demi kelancaran tes maka saya persiapan dulu lah apalagi yang TIU, matematikanya butek karena saya bukan guru sains. 

Di kamar saya otak-atik Yutube lihat cara ngitung pecahan, deret, logika dll. Tes wawasan kebangsaan, baca-baca sejarah pancasila aja dikit dan kalau TKP ga tau nanti gimana nasib. 

Sebelum tempur saya kedatangan teman lama dulu dan ngopi bareng dulu malam hari menikmati suasana Setiabudi yang dingin menusuk. 

Daripada stres, ngobrol ngaler ngidul dulu lah. Oke skip biar gak lama esoknya sudah siap tempur. Pagi sampai siang baca-baca dulu sampai jam 3 karena di jadwal sih jam 16.30 sesi terakhir yang pasti sudah nge hange banget.

Saya berangkat dari kost ke Eldorado pakai motor jam 2 dan nyampe sana udah rame banget buset. Ada yang bawa keluarga, anak, cucu macem-macem. Ya Allah, ini mau cari kerja aja kaya gini di Indonesia. 

Sampai sana saya kontak teman-teman seangkatan yang tes bareng. Tik..tik...tik jam terus berdetik dan akhirnya saya mulai masuk hall jam 16.30, ngaret abis. 

Barang-barang semua dititipkan dan gak boleh bawa apapun kecuali KTP dan Kartu Peserta. Satu persatu peserta dipanggil dan diperiksa agar tak bawa apa-apa kaya jimat gitu. 

Prosesnya lama banget, kaya pengungsi aja lagi disortir. Kemudian semua peserta duduk dulu di hall dan menunggu masuk ruang komputer tes CAT.

Kabar buruk ternyata tes tak langsung dilakukan, ada jeda magrib dulu jadi molor lagi 1 jam.  Perut udah keroncongan, haus, makan gak bisa, kamseupay. Biar tenang, sholat magrib dulu. 

Wajah udah kucel, perut keroncongan akhirnya tes dimulai juga. Tirai dibuka dan didepan mata sudah tersedia 1.000 laptop yang siap dihajar. Saya duduk di server 2 dan siap-siap melahap soal.

Setelah instruksi diberikan, lalu login dan langsung 100 soal terpampang di depan mata. Dengan mata yang udah lelah saya langsung kerjakan soal CAT CPNS. Saya loncat dulu ke nomor 70 an untuk mengerjakan TKP. 

Soal dan jawabannya panjang-panjang kaya novel. Udah gitu jawabannya tipis-tipis, mana yang paling bener gak tahu, yang penting jawab aja deh. Waktu mengerjakan 90 menit dengan soal 100 buah. 

Setelah TKP beres lalu langsung ke soal no 1 untuk TWK. Mengerjakan TWK gak terlalu susah karena jawabannya pasti dan masih ingat materi sejarah dan PKN (untung pernah ngajar PKN dan sejarah di SMA). 

Selepas TWK lalu masuk ke TIU, nih TIU lumayan rumit di matematika. Saya kerjakan dulu yang gambar visual, karena otak saya otak visual jadi bisa ngerjain.

Matematika ngitung-ngitung dikit yang mudah seperti pecahan, deret. Sisanya logika dan persamaan kuadrat dah lupa, nembak aja. 

Setelah TIU beres, saya lihat lagi soal yang masih belum dikerjakan. Karena waktu mempet pakai insting saja. Akhirnya 90 menit selesai dan hasilnya adalah TWK 133 TIU 80 TKP 120. 

Tuh kan TKP nya gak lulus, memang teman-teman saya juga banyak gak lulus di TKP. Tapi btw, saya udah gak penasaran lagi tentang tes CPNS.
close