Bioma Padang Rumput (Stepa/Sabana): Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan - Geograph88

Bioma Padang Rumput (Stepa/Sabana): Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan

Bioma Padang Rumput (Stepa/Sabana): Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan
Bioma padang rumput atau grassland adalah habitat darat yang didominasi rerumputan dan sedikit tumbuhan kayu atau semak.

Ada tiga jenis bioma padang rumput yaitu padang rumput sedang/hangat, padang rumput tropis sabana dan padang rumput stepa.

Sebagian besar padang rumput mengalami musim kemarau dan musim hujan. Selama musim kemarau, padang rumput sangat rentan terhadap kebakaran yang sering dipicu dari adanya sambaran petir.

Curah hujan tahunan di habitat padang rumput lebih besar dari curah hujan tahunan yang terjadi di habitat gurun.

Padang rumput menerima curah hujan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rumput dan tanaman lainnya, tetapi tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan jumlah yang signifikan seperti di hutan hujan.

Tanah padang rumput juga membatasi struktur vegetasi yang tumbuh di dalamnya. Secara umum, tanah padang rumput terlalu dangkal dan kering untuk mendukung pertumbuhan pohon.

Fauna Padang Rumput
Padang rumput mendukung berbagai satwa liar termasuk reptil, Mamalia, amfibi, burung dan banyak jenis invertebrata.

Padang rumput kering Afrika adalah salah satu yang paling beragam dalam hal ekologis dari semua padang rumput dengan populasi hewan seperti jerapah, Zebra, singa, Hyena, badak, dan Gajah.

Padang rumput di Australia menyediakan habitat bagi kanguru, tikus, ular, dan berbagai burung. Padang rumput di Amerika Utara dan Eropa mendukung serigala, kalkun liar, Coyote, angsa Kanada, Crane, bison, Bobcats, dan elang.

Beberapa spesies tumbuhan umum yang hidup di padang rumput Amerika Utara adalah rumput kerbau, Aster, conefturunkan, Semanggi, goldenrods, dan Indigos liar.
Bioma Sabana di Afrika
Karakteristik Bioma Padang Rumput
Berikut ini adalah karakteristik kunci dari padang rumput sabana dan stepa:
1. Struktur vegetasi yang didominasi rumput
2. Iklim semi-kering
3. Curah hujan dan tanah tidak cukup untuk mendukung pertumbuhan pohon yang signifikan
4. Paling umum di berlokasi di lintang sedang dan pedalaman benua
5. Sabana dan stepa sering dimanfaatkan untuk penggunaan pertanian

Klasifikasi Padang Rumput
Bioma padang rumput diklasifikasikan dalam hirarki habitat berikut:
1. Padang rumput beriklim sedang
Padang rumput sedang adalah habitat yang didominasi oleh rumput dan sangat sedikit vegetasi dan dan semak belukar besar.

Di padang rumput hangat ini rumput sangat tinggi saat ucaca basah dan lembab dan rumput pendek Prairies muncul saat musim panas dan musim dingin (udara kering).

Tanah padang rumput beriklim memiliki lapisan atas yang kaya gizi. Kekeringan musiman sering disertai dengan kebakaran yang mencegah pohon dan semak belukar tumbuh.

2. Padang rumput tropis
Padang rumput tropis adalah padang rumput yang terletak di dekat Khatulistiwa. Lingkungan ini memiliki cuaca lebih hangat, iklim basah dari padang rumput sedang dan sering kekeringan saat kemarau.

Padang rumput tropis didominasi oleh rumput tetapi juga memiliki beberapa pohon yang tersebar tidak merata. Tanah padang rumput tropis sangat berpori dan cepat infiltrasinya. Padang rumput tropis tersebar di Afrika, India, Australia, Nepal, dan Amerika Selatan.

3. Padang rumput stepa
Padang rumput stepa kering merupakan padang rumput yang berbatasan dengan gurun semi-kering. Rumput yang ditemukan di padang rumput stepa jauh lebih pendek daripada padang rumput beriklim sedang dan tropis. Padang rumput steppe sangat sedikit vegetasi kecuali di sepanjang tepi sungai.
Sabana Baluran Jawa Timur
Hewan Bioma Padang Rumput
Beberapa hewan yang menghuni padang rumput bioma termasuk:
1. Gajah Afrika (Loxodonta Africana)-gajah Afrika memiliki kepala besar, telinga besar, dan batang berotot panjang. Dua gigi depan dari gajah Afrika tumbuh menjadi Gading besar yang melengkung ke depan.
2. Singa(panthera Leo)-singa adalah yang terbesar dari semua kucing Afrika. Singa menghuni Sabana di Afrika dan hutan gir di barat laut India.
3.  Hyena (Crocuta Crocuta)-Hyena adalah predator penghuni padang rumput, Savana, dan semi-gurun dari sub-Sahara Afrika. Populasi hyena tertinggi di Serengeti, sebuah ekosistem dataran luas yang membentang dari Utara Tanzania sampai Kenya barat daya.
4. Bison Amerika (Bison Bison)-jutaan Bison digunakan untuk menjelajah padang rumput Amerika Utara, daerah Boreal, dan semak belukar.
Fauna Bioma Padang Rumput
close