Soal UNBK 46-50 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B) - Geograph88

November 27, 2019

Soal UNBK 46-50 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B)

Halo teman-teman kita sudah di penghujung soal nih, yaitu nomor 46-50. Semoga pembahasan soal unbk geografi ini bermanfaat bagi teman-teman. Jangan lupa berdoa dan banyak baca materinya. Ajak teman-teman untuk belajar bareng. Pastikan like dan share blognya.
Kunci jawaban soal unbk geografi

46. Pemerintah akan membangun rumah sakit di antara kota X dengan kota Z. Penduduk Kota X berjumlah 800.000 jiwa dan penduduk Kota Z berjumlah 7,2 juta jiwa. Jika jarak X-Z = 20 km, maka pembangunan rumah sakit sebaiknya pada jarak ....
a. 6,7 km dari kota Z
b. 4 km dari kota X
c. 6,7 km dari kota X
d. 5 km dari kota X
e. 5 km dari kota Z

Kunci
Pakai rumus titik henti ya guys, pasti udah bisa lah tinggal masukin angkanya aja.
Dari hasil perhitungan tersebut, jarak titik henti kedua wilayah adalah 5 km. Hal ini berarti penempatan pembangunan pelayanan rumah sakit adalah 5 km dari Kota X. Penempatannya lebih dekat ke kota X agar mempermudah jangkauan terhadap jumlah penduduk yang lebih sedikit sehingga wilayah kota X menjadi lebih maju.

47. Perhatikan gambar berikut.
Daerah yang paling tepat untuk lokasi kegiatan ekonomi penduduk di bidang peternakan ikan air tawar seperti gambar adalah blok ... alasan
a. 1 dekat dengan sumber air
b. 3 tersedia daerah pemasaran
c. 4 mudah dalam distribusi
d. 2 mudah transportasi
e. 5 dekat tenaga kerja

Kunci
Berdasarkan gambar tersebut, lokasi kegiatan ekonomi penduduk di bidang peternakan ikan air tawar adalah Blok 1. Blok ini merupakan daerah rawa-rawa yang secara fisiografi merupakan tempat yang memang bisa diusahakan untuk usaha peternakan ikan air tawar. Adapun untuk daerah-daerah yang lain merupakan daerah yang tidak cocok untuk perikanan air tawar. Jadi, jawaban yang benar adalah 1, dekat dengan sumber air.

48. Perhatikan gambar berikut.
Gambar di atas merupakan sketsa salah satu wilayah perkotaan di Pulau Sumatra.
Dampak yang terjadi jika terdapat rencana pembangunan kawsaan industri non migas di lokasi X adalah … sehingga pemerintah daerah perlu ....
a. perluasan central business district, membuat masterplan kawasan perekonomian terpadu
b. kerusakan jalan, membuat jalur khusus dari kawasan industri ke lokasi sumber bahanbaku
c. pergeseran tenaga kerja dari petani ke buruh pabrik, menyiapkan pelatihan kerja untuk industri
d. kerusakan kawasan pesisir melakukan penanaman pohon di sepanjang pesisir
e. aglomerasi kawasan industri, menambah akses dan infrastruktur kawasan

Kunci
Berdasarkan gambar tersebut, daerah yang bertanda X merupakan daerah pelabuhan. Jika wilayah pelabuhan akan diubah dengan dibangun menjadi kawasan industri non-migas, maka akan berpegaruh terhadap kawasan tersebut. Khususnya akan adanya kerusakan di wilayah pesisir pantai, seperti yang telah terjadi di Pantai Utara Jakarta yang berdampak bagi mata pencaharian nelayan di wilayah Pantai Teluk Jakarta.

Hal ini juga yang akan berdampak pada wilayah X jika dibangun sebagai industri non-migas. Akibatnya kerusakan wilayah pesisir akan menjadi dampak yang nyata. Upaya pemerintah untuk mencegah kerusakan wilayah pesisir adalah dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang pesisir sebagai upaya pencegahan dampak tersebut.

Sesuai penjelasan di atas, maka jawaban yang sesuai adalah kerusakan kawasan pesisir dapat dicegah dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai.

49. Ciri negara;
(1) angka ketergantungan tinggi;
(2) harapan hidup tinggi;
(3) pertumbuhan penduduk tinggi;
(4) mobilitas sosial tinggi; dan
(5) pendapatan per kapita mesyarakat tinggi.
Ciri negara maju ditunjukkan angka ....
a.  3,4,5
b. 1,2,4
c. 2,4,5
d. 1,3,5
e. 1,2,3

Kunci
Gampang ya tentunya penyataan yang sesuai dengan ciri negara maju ditunjukkan pernyataan angka (2), (4), dan (5). Adapun untuk angka (1) dan (3) merupakan ciri dari negara berkembang.

50. Nama negara:
(1) Jepang;
(2) Korea Selatan;
(3) Belanda;
(4) Singapura; dan
(5) Jerman.
Negara maju di kawasan Asia ditunjukkan angka ....
a. 1,2,3
b. 3,4,5
c. 2,3,5
d. 1,2,4
e. 1,3,5

Kunci
Beberapa negara maju di wilayah Asia adalah Jepang, Singapura, Hongkong, Korea Selatan, Israel, dan Taiwan. Berdasarkan penjelasan di atas, negara-negara yang termasuk negara maju di kawasan Asia ditunjukkan angka (1), (2), dan (4). Adapun untuk angka (3) dan (5) merupakan negara maju di kawasan Eropa. Baca juga: Soal dan Pembahasan UTBK Geografi

Link Pembahasan UNBK 2019
Kunci dan Pembahasan Soal No 41-45
Kunci dan Pembahasan Soal No 36-40 
Kunci dan Pembahasan Soal No 31-35
Soal UNBK Materi Peta dan Pemetaan Kelas 12

Share with your friends

Give us your opinion
close