OSK Kebumian: Pengertian, Ruang Lingkup Petrologi - Geograph88

OSK Kebumian: Pengertian, Ruang Lingkup Petrologi

OSK Kebumian: Pengertian, Ruang Lingkup Petrologi
Dalam materi olimpiade kebumian pastinya kamu akan menemui soal terkait batuan. Salah satu cabang kebumian adalah petrologi. Apa sih petrologi itu dan seberapa besar ruang lingkupnya?. Kita bahas singkat padat dan jelas disini.

Petrologi adalah cabang ilmu geologi yang membahas batuan pembentuk kerak bumi. Yang dipelajari dalam petrologi adalah kejadian, komposisi, klasifikasi, asal batuan dan hubungannya dengan proses geologi dan sejarah geologi.

Karena itu petrologi adalah dasar pokok ilmu geologi ya gan. Lanjut kita akan menuju objek ilmu petrologi yaitu batuan. Batuan adalah bahan bentukan alam berupa kumpulan mineral baik sejenis atau tidak sejenis, susunan fisika dan kimia tidak tetap dan biasanya tak homogen.

Kita sering mendefinisikan batuan sebagai benda padat dan keras, namun dalam petrologi pengertian batuan gak didasarkan atas kekerasan dan kompaknya mineral pembentuk batuan. Pasir lepas, lempung dan abu vulkanik termasuk bahan pembentuk kerak bumi sebagai batuan.

Untuk mempelajari batuan maka harus diketahui dulu komposisi mineralnya terutama sifat fisik batuan yaitu warna, kilap, bentuk, kekerasan, sistem kristal dan lainnya. Selain secara makroskopis, secara mikroskopis juga perlu diteliti di lab untuk melihat lebih jauh tentang batuan.
Magma membeku menjadi batuan
Secara garis besar batuan terbagi menjadi 3 yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf.
a. Batuan Beku (Igeneous Rocks)
Batuan beku berasal dari magma panas yang mengalami pendinginan dan kristalisasi membentuk ikatan mineral silikat. Aliran lava yang mengalir di permukaan dan menghasilkan batuan beku luar (ekstrusif) sementara batuan yang mengkristal  di dalam bumi menghasilkan batuan beku dalam (instrusif).
b. Batuan Sedimen (Sedimentary Rocks)
Batuan sedimen adalah hasil pengendapan akumulasi berupa fragmen bervariasi, mineral resisten, sisa organisme dan hasl proses kimia atau penguapan atau campuran.
c. Batuan Malihan (Metamorphic Rocks)
Batuan metamorf berasal dari ubahan batuan asalnya dengan kondisi fisika atau kimia atau keduanya. Suhu, tekanan dan cairan kimia aktif merupakan faktor pembentukkan batuan metamorf.

Sebaran Batuan di Bumi
Menurut Clarke dan Washington, kerak bumi disusun oleh 95% batuan beku sementara sisanya batuan sedimen dan metamorf, namun di atas permukaan bumi hampir 75% yang tersingkap adalah batuan sedimen. Batuan beku umumnya terdapat pada kerak samudera (basa) dan kerak benua (asam). Batuan metamorf sebarannya terbatas namun banyak tersingkap pada cekungan sekitar intrusi pada daerah sesar/patahan.
close