Soal Latihan Pemahaman UTBK Geografi 2020 Part 1 - Geograph88

Soal Latihan Pemahaman UTBK Geografi 2020 Part 1

Soal Latihan Pemahaman UTBK Geografi 2020 Part 1
Halo kawan-kawan semuanya, masih semangat berlatih soal UTBK kan?. Kali ini mimin akan coba bagikan contoh soal hots utbk bab dinamika biosfer. Pastikan untuk like dan share blognya ke teman-teman lain ya. Selamat berjuang meraih nilai UTBK terbaik. Soal UTBK 2020 Geografi dan Pembahasan Latihan Soal UTBK dan Pembahasan

1. Faktor pembatas persebaran flora di wilayah pegunungan tinggi adalah ….
a. Suhu udara
b. Sinar Matahari
c. Edafik
d. Hidrologi
e. Biotik

Kunci
Faktor pembatas adalah sesuatu hambatan yang dapat menurunkan jumlah dan perkembangan suatu ekosistem. Semakin tinggi suatu tempat maka keragaman gas udara semakin rendah sehingga suhu udara akan semakin rendah juga. Jadi faktor pembatas sebaran flora dan fauna di daerah pegunungan adalah suhu.

2. Perubahan vegetasi dari Jawa Barat yang bertipe hutan tropis sampai ke Nusa Tenggara berupa sabana merupakan faktor dari ….
a. Curah hujan makin menurun ke timur
b. Tipe iklim Nusa Tenggara Af
c. Iklim Tropis
d. Nusa Tenggara terdiri dari gugusan pulau
e. Tanah di Nusa Tenggara relatif kering

Kunci
Sebaran flora di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor dan yang paling utama adalah curah hujan. Curah hujan Indonesia cenderung tinggi dari barat dan menurun ketika mencapai wilayah timur. Inilah yang menyebabkan di Nusa Tenggara banyak terdapat sabana.

3. Indonesia saat ini tengah gencar membangun instalasi listrik berbasis energi terbarukan. Salah satu pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) terbesar di Indonesia dan ASEAN telah dibangun di wilayah ...
a. Sidrap, Sulawesi Tengah
b. Dompu, Nusa Tenggara Timur
c. Kamojang, Jawa Barat
d. Musi, Sumatera Selatan
e. Martapura, Kalimantan Selatan

Kunci
Proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap adalah proyek pembangkit listrik energi terbarukan di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Pembangkit ini direncanakan akan menghasilkan 75 megawatt dari 30 kincir angin raksasa dan menjadi proyek PLTB pertama di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.

4. Beberapa upaya campur tangan manusia dalam mengubah lingkungan biotik seperti berikut, kecuali ….
a. Membiarkan hutan tumbuh alami
b. Memperluas habitat hewan
c. Memperluas habitat flora
d. Mengonsumsi hewan untuk kebutuhan sehari-hari
e. Mengembangbiakan hewan ternak

Kunci
Komponen lingkungan terdiri dari unsur abiotik atau benda mati seperti tanah, air, udara, sinar matahari dan unsur biotik yaitu benda hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Manusia dapat mengubah lingkungan biotik dengan berbagai macam cara rekayasa seperti mengembangbiakan ternak, membuat kebun binatang bahkan dengan mengonsumsi hewan sehari-hari. Lingkungan biotik pada dasarnya bisa berubah secara alami seperti membiarkan hutan tumbuh alami. Dengan sendirinya nanti ekosistem akan terbentuk di daerah tersebut seiring berkembangnya struktur hutan.

5. Daerah yang diarsir pada peta adalah wilayah bioma terluas dunia. Manakah diantara negara berikut ini yang terdapat bioma tersebut?

a. Finlandia
b. Papua Nugini
c. Meksiko
d. Italia
e. Jepang

Kunci
Bioma adalah lingkungan yang didominasi vegetasi tertentu dan dipengaruhi oleh iklim. Bioma pada peta adalah sebaran bioma taiga atau konifer. Bioma taiga adalah bioma terluas di dunia dan dicirikan dengan tipe vegetasi hutan jarum, musim dingin panjang dan musim panas pendek, tanah tertutup salju saat musim dingin, jarak tumbuhan renggang. Bioma taiga tersebar di wilayah utara di bawah lingkar Arktik seperti negara Rusia, Kanada, Finlandia, Swedia.
Lanjut>>>>Soal UTBK Part 2
close