Soal UNBK 41-45 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B) - Geograph88

November 26, 2019

Soal UNBK 41-45 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B)

Oke gan kita lanjut bahas lagi kunci jawaban soal unbk geografi 2019 no 41-45. Materi soalnya seputar wilayah dan pewilayahan guys. Pastikan untuk selalu baca materinya supaya paham kronis. Jangan lupa dukung blog ini dengan like dan share ke teman-teman.
Kunci jawaban unbk geografi hots
41. Faktor fisik yang memengaruhi suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah ....
a. tenaga kerja banyak
b. kekayaan tambang melimpah
c. aksesibilitas baik
d. pendapatan penduduk tinggi
e. tenaga terlatih banyak

Kunci
Pusat pertumbuhan itu wilayah yang berkembang pesat ya guys. Ada faktor fisik dan non fisik yang memengaruhi suatu daerah bisa menjadi pusat pertumbuhan. Faktor fisik berkaitan kondisi alam sementara faktor non fisik berkaitan dengan manusia. Jadi jawabannya adalah kekakayaan tambang melimpah.

42. Perhatikan gambar berikut.
Wilayah yang ditunjukkan angka 3 dan 4 pada gambar struktur tata guna lahan adalah ....
a. daerah pusat kegiatan dan grosir
b. pemukiman kelas atas dan menengah
c. daerah grosir dan pemukiman kelas menengah
d. permukiman kelas bawah dan pemukiman kelas menengah
e. daerah grosir dan pemukiman kelas atas

Kunci
Gambar pada soal merupakan salah satu teori struktur kota yakni, teori sektoral. Teori sektoral dikemukan oleh Hommer Hyot, yakni proses pertumbuhan kota lebih berdasarkan sektor-sektor daripada sistem gelang atau melingkar sebagaimana yang dikemukakan dalam Teori Burgges. Keterangan lengkap cek dibawah
1. Angka 1 merupakan pusat kegiatan bisnis. Kawasan ini terdiri atas bangunan-bangunan kantor, hotel, pasar, bank, bioskop, pusat perbelanjaan serta sektor-sektor publik dan perputaran ekonomi lainnya.
2. Angka 2 merupakan sektor kawasan industri ringan dan perdagangan. Kawasan ini terdapat pabrik-pabrik kecil atau ringan dan juga toko-toko.
3. Angka 3 merupakan sektor kaum buruh atau kaum urban yakni tempat tinggal bagi kaum buruh maupun kaum murba.
4. Angka 4 merupakan sektor madya wisma yakni tempat tinggal bagi para kaum menengah.
5. Angka 5 merupakan sektor adi-wisma yakni tempat tinggal bagi golongan atas atau kaum elite, biasanya terdiri atas kaum pejabat dan para eksekutif.

43. Faktor-faktor utama dalam perencanaan tata ruang suatu wilayah adalah ....
a. sumber daya manusia, infrastruktur, regulasi
b. penggunaan lahan, kebijakan pengembangan daerah, infrastruktur
c. sumber daya hayati, sumber daya alam, sumber daya manusia
d. sumber daya manusia, sumber daya alam, teknologi
e. sumber daya hayati, kondisi fisiografi, transportasi

Kunci
Pembangunan wilayah selalu didasarkan pada optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Tata ruang wilayah pada dasarnya merupakan perwujudan hasil proses perubahan berkesinambungan dalam waktu yang panjang. Pada proses perwujudan tata ruang wilayah, perlu adanya beberapa pertimbangan sebagai berikut.
  • Faktor internal, yakni faktor yang berasal dari dalam wilayah tersebut. Faktor internal sering juga disebut dengan faktor fisiografi yang meliputi sumber daya hutan, sumber daya air, sumber daya tanah, dan sumber daya mineral.
  • Faktor eksternal merupakan pengaruh dan kekuatan dari luar wilayah bersangkutan yang ikut menentukan perkembangan wujud tata ruang. Faktor eksternal ini meliputi hal-hal yang terkait dengan interkoneksi atau jaringan wilayah tersebut dengan wilayah-wilayah lain di sekitarnya dengan segala pengaruh dan saling ketergantungannya.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka faktor utama dalam perencanaan tata ruang suatu wilayah adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, dan teknologi.

44. Faktor yang memengaruhi pola permukiman tersebar adalah ....
a. mata pencaharian dan aksesibilitas
b. jenis tanah dan sumber air
c. fasilitas tertentu dan sumber air
d. aksesibilitas dan aliran sungai
e. kekerabatan dan fisiografi

Kunci
Pola pemukiman penduduk sangat dipengaruhi faktor fisiografis wilayahnya. Untuk permukiman penduduk di wilayah pegunungan, penduduk akan mendirikan permukiman secara tersebar karena mencari daerah yang tidak terjal, morfologinya rata dan relief aman. Pada daerah kapur, permukiman penduduk akan tersebar mencari daerah yang memiliki kondisi air yang baik.

Mata pencaharian utama penduduk pada permukiman ini sebagian besar pertanian, ladang, perkebunan, dan peternakan. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan faktor yang memengaruhi pola permukiman tersebar adalah jenis tanah dan sumber air.

45. Manfaat interaksi desa-kota dalam pemerataan pembangunan sektor pendidikan adalah ...
a. meningkatkan penduduk desa kerja ke luar negeri
b. meminimalisir tingkat buta huruf di desa
c. meningkatkan pendapatan penduduk kota
d. meningkatkan kualitas pendidikan penduduk desa
e. meningkatkan minat bersekolah masyarakat desa

Kunci
Kata kuncinya kan sektor pendidikan maka hasil interaksi desa kota yang baik tentu akan meningkatkan derajat kualitas pendidikan di desa. Sarana sekolah lebih baik, guru-guru lebih berkualitas sehingga masyarakat desa semakin maju. Lanjut>>>Soal No 46-50

Link Pembahasan UNBK 2019
Kunci dan Pembahasan Soal No 36-40 
Kunci dan Pembahasan Soal No 31-35 Kunci dan Pembahasan Soal No 26-30

Share with your friends

Give us your opinion
close