Soal UNBK 26-30 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B) - Geograph88

November 25, 2019

Soal UNBK 26-30 Geografi 2019 + Pembahasan (Kode B)

Oke teman-teman kita lanjut lagi bahas soal UNBK Geografi 2019 nomor 26-30. Jangan lupa share dan like blognya ya. Materinya seputar dinamika litosfer. Selamat belajar dna berjuang meraih nilai UNBK terbaik.
Kunci jawaban unbk geografi 2019
26. Pola aliran sungai yang terdapat pada zona patahan dengan aliran membentuk sudut siku-siku antara induk dan anak sungainya disebut ....
a. pola dendritik
b. pola radial sentripetal
c. pola rektangular
d. pola radial sentrifugal
e. pola pinate

Kunci
Pola aliran sungai yang sesuai dengan soal adalah pola aliran rektangular. Pola aliran rektangular adalah pola aliran sungai yang terdapat pada struktur rekahan atau patahan. Biasanya terjadi pada struktur batuan beku.

Pola aliran sungai dan cirinya
Ciri-ciri sungai dengan pola aliran ini adalah bentuk sungainya tegak lurus dan merupakan kumpulan dari saluran-saluran air yang mengikuti pola dari struktur geologi tersebut. Pola aliran sungai rektangular ini pada umumnya berkembang pada batuan yang resisten terhadap erosi yang tipenya mendekati seragam, namun dikendalikan oleh rekahan dua arah yang memiliki sudut yang saling tegak lurus. Jadi, jawaban yang tepat adalah pola aliran rektangular.

27. Arus Labrador dapat memengaruhi daerah yang dilaluinya yaitu ....
a. memunculkan gunung es di Atlantik
b. memanaskan arus laut Atlantik
c. mendinginkan pesisir timur kanada
d. menyejukan sepanjang pantai Kanada
e. menghangatkan pesisir barat Atlanik

Kunci
Arus Labrador atau Labrador Current ditemukan di pantai timur Kanada perairan Samudra Atlantik Utara dan secara langsung memengaruhi cuaca di wilayah Eropa. Arus Labrador adalah arus permukaan laut di perairan Samudra Atlantik Utara yang berasal dari Selat Davis, yang diawali dengan keberlanjutan dari arus Greenland Barat dan Arus Pulau Baffin. Dari kedua wilayah tersebut, arus mengalir ke selatan sepanjang sisi barat laut Labrador.

Peta arus Labrador
Arus ini melewati sepanjang Labrador, Newfoundland, dan pantai timur Nova Scotia di Kanada. Arus Labrador merupakan arus dingin, yang memiliki salinitas rendah. Arus ini membawa volume air dengan kisaran 125 juta hingga 190 juta kaki kubik yang mengangkut banyak gunung es di wilayah selatan Greenland. Arus Labrador memiliki peran utama dalam memengaruhi iklim dari wilayah Kanada yang berbatasan langsung dengan perairan tersebut.

Salinitas rendah dibanding perairan Atlantik tengah membuat air mudah membeku. Perairan dingin di Labrador memunculkan dampak menengah pada iklim pesisir, membuat musim panas lebih dingin, dan musim dingin menjadi lebih dingin. Jadi, jawaban yang tepat adalah mendinginkan pesisir timur Kanada.

28. Perhatikan gambar siklus batuan berikut.
Siklus batuan bumi
Siklus batuan berlangsung melalui beberapa tahapan seperti pada gambar. Salah satu tahapan bertanda X terjadi di perairan sungai sehingga membentuk batuan ....
a. gabro
b. batu apung
c. granit
d. obsidian
e. pasir

Kunci
Tanda X yang terdapat pada gambar siklus batuan merupakan proses peristiwa sedimentasi. Berdasarkan tempat terjadinya sedimentasi terbagi atas fluvial, marine, glasial, dan teristis. Sedimentasi fluvial merupakan sedimentasi yang dilakukan oleh air sungai dan berlokasi di sungai. Seperti pada soal, sedimentasi oleh air sungai biasanya terjadi di dataran rendah akibat dari sifat air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedimentasi ini biasanya juga menghasilkan pendangkalan di muara sungai. Jenis bantuan sedimen yang sering ditemui dalam proses ini adalah batuan pasir.

29. Wilayah Pulau Jawa bagian utara merupakan daerah hasil hampir yang dibawa oleh aliran sungai tergolong jenis tanah alluvial berupa ....
a. lahan yang sesuai untuk reklamasi dan permukiman
b. lahan yang dimanfaatkan untuk tambak
c. tanah tidak subur yang dibiarkan terhampar
d. lahan produktif yang dapat dimanfaatkan masyarakat
e. lahan tidak produktif tapi dapat dimanfaatkan

Kunci
Tanah aluvial merupakan tanah yang berasal dari endapan material yang dibawa oleh sungai. Tekstur tanah aluvial sangat bergantung pada energi dari aliran air itu sendiri. Tanah aluvial banyak ditemukan pada bentang alam seperti dataran banjir, delta, kipas aluvial, dan gosong pasir.

Tanah ini sering memiliki ketebalan yang berbeda-beda karena adanya perbedaan kecepatan air yang terjadi dari waktu ke waktu. Tanah aluvial tergolong tanah yang subur karena membawa nutrisi yang terangkut oleh erosi air dari hulu hingga hilir. Jadi tanah aluvial dapat dimanfaatkan masyarakat untuk pertanian produktif.

30. Perhatikan peta berikut.

Peta buta
Fauna endemik di pulau yang bertanda X seperti gambar adalah ....
a. siamang dan kerbau jawa
b. anoa dan kambing hitam
c. kambing hutan dan kerbau rawa
d. kucing merah dan siamang
e. orang utan dan bekantan

Kunci
Tanda X pada gambar menunjukkan persebaran fauna Indonesia Bagian Barat (Asiatis). Persebaran fauna Indonesia bagian barat dikenal dengan tipe Asiatis. Fauna di bagian barat Indonesia hampir sama dengan jenis fauna di benua Asia secara keseluruhan karena adanya pengaruh kedekatan letak dan kondisi permukaan Bumi.

Persebaran fauna tipe Asiatis meliputi Sumatra, Jawa, dan Kalimantan dengan karakteristik fauna tipe mamalia, reptil, burung, dan ikan. Setiap pulau yang termasuk dalam persebaran fauna Indonesia Bagian Barat memiliki fauna endemik, seperti Kalimantan antara lain bekantan, pesut mahakam, kucing merah, owa kalimantan, biawak kalimantan, orang utan, dan lutung merah. Jadi, jawaban yang tepat adalah orang utan dan bekantan.  Lanjut>>>Soal No 31-35

Link Pembahasan UNBK 2019
Kunci dan Pembahasan Soal No 21-25
Kunci dan Pembahasan Soal No 16-20
Kunci dan Pembahasan Soal No 11-15

Share with your friends

Give us your opinion
close