Bioma Hutan Gugur: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan - Geograph88

Bioma Hutan Gugur: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan

Bioma Hutan Gugur: Lokasi, Sebaran, Ciri, Jenis Vegetasi dan Hewan
Bioma hutan gugur adalah salah satu jenis bioma daratan yang punya karakteristik khas. Hutan gugur memiliki ciri wilayah dengan curah hujan relatif cukup tinggi, lembab dan beberap jenis tumbuhan hutna gugur.

Hutan gugur akan kehilangan daun saat musim dingin tiba. Suhu yang turun drastis dan sinar matahari yang pendek membuat tumbuhan kesulitan untuk berfotosintesis. Dengan demikian pohon akan menggugurkan daun dan tunas baru akan muncul di musim semi saat suhu hangat kembali.

Hutan gugur memiliki variasi suhu yang berkorelasi dengan musim yang khas. Suhu berkisar dari panas di musim panas, dengan tertinggi hingga 86 F, sangat dingin di musim dingin, dengan suhu bisa mencapai -22 F. Bioma hutan gugur sedang menerima curah hujan yang melimpah, biasanya antara 20 dan 60 inci per tahun curah hujan. Presipitasi di hutan gugur dalam bentuk hujan dan salju.
Bioma hutan gugur di Eropa
Lokasi
Hutan deciduous biasanya ditemukan di belahan bumi utara. Beberapa lokasi hutan gugur meliputi Asia Timur, Eropa Tengah dan Barat,  Amerika Serikat Timur.

Hutan gugur memiliki ciri wilayah dengan curah hujan relatif cukup tinggi, lembab dan beberap jenis tumbuhan hutna gugur.
Karena curah hujan hutan gugur relatif tinggi dan punya humus tebal, maka hutan ini dapat mendukung beberapa vegetasi untuk tumbuh berkembang. Vegetasi hutan gugur dapat tumbuh mulai dari lumut hingga pohon besar. Beberapa vegetasi khas hutan hujan adalah:

1. Tipe Kanopi = maple, Walnut
2. Pohon kecil = dogwoods, redbuds shadbush
3. Semak = azalea, huckleberries
4. Herb = Timun India
5. Lantai Dasar = lumut, lichen

Mosses adalah tanaman nonvaskular yang memainkan peran ekologis penting dalam bioma hutan gugur. Tanaman kecil dan padat ini sering menyerupai karpet hijau vegetasi. Mereka berkembang di daerah lembab dan membantu untuk mencegah erosi tanah dan juga berfungsi sebagai sumber panas selama bulan dingin.

Tidak seperti lumut, lichens bukanlah tanaman. Mereka adalah hasil dari hubungan simbiosis antara alga atau sianteria dan jamur. Lichens adalah pengurai penting dalam lingkungan karena mengurai tumbuhan yang mati. Lichens membantu untuk mendaur ulang daun tanaman, sehingga menghasilkan tanah yang subur di bioma hutan gugur.
Lumut paku
Satwa liar
Hutan gugur adalah rumah bagi biosistem satwa liar yang beragam termasuk berbagai serangga dan laba-laba, serigala, rubah, beruang, Coyote, Bobcats, singa gunung, elang, kelinci, rusa, skunks, tupai, raccoons, tupai, rusa, ular, dan Kolibri.

Hewan hutan gugur memiliki banyak cara yang berbeda beradaptasi dengan dingin dan kurangnya makanan di musim dingin. Beberapa hewan hibernasi selama musim dingin dan muncul di musim semi ketika makanan lebih banyak. Hewan lain menyimpan makanan dan menggali tanah untuk melindungi dari paparna suhu dingin. Banyak hewan melarikan diri kondisi yang keras dengan bermigrasi ke daerah yang lebih hangat di musim dingin.

Hewan lain telah beradaptasi dengan lingkungan hutan gugur dengan menyamarkan warna sesuai tumbuhan. Beberapa kamuflase diri sebagai daun, tampak hampir tidak dibedakan dari dedaunan. Jenis adaptasiini untuk melindungi dari predator.
Burung Kolibri

close