Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (66-70) - Geograph88
News Update
Loading...

Maret 18, 2021

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (66-70)

Halo pejuang KSN Geografi, kembali lagi kita akan coba berikan contoh pembahasan kunci KSK 2020. Nah di soal no 66-70 ini topiknya lebih pada geografi ekonomi dan kerjasama antar negara.

So, kamu harus coba mencari materi terkait organisasi kerjasama regional, konsep-konsep ekonomi setiap negara yang sedang berkembang pesat saat ini dan teori-teori ekonomi.

66. Organisasi ekonomi dunia yang bukan berbasis regional adalah ...
a. OPEC
b. APEC
c. ASEAN
d. AFTA
e. NAFTA

Kunci
Organisasi kerjasama antar negara yang bersifat regional artinya didirikan atas kesamaan wilayah seperti ASEAN kan itu kumpulan negara di Asia Tenggara, APEC untuk negara-negara di sekitaran Pasifik, AFTA juga di Asia Tenggara dan NAFTA itu untuk negara-negara Atlantik Utara. Yang bukan itu OPEC, karena OPEC itu organisasi negara pengekspor minyak yang gak berkaitan dengan wilayah regional.
Negara-negara anggota OPEC

67. Gerakan koperasi internasional memiliki organisasi internasional yang beranggotakan koperasi-koperasi dari berbagai dunia, dan bahkan merupakan organisasi internasional antar institusi non permerintah tertua adalah ...
a. CIA
b. ICA
c. ICI
d. ACA
e. ACC

Kunci
International Cooperative Alliance (ICA) telah berdiri sejak tahun 1895. ICA bertindak sebagai lembaga yang menyatukan gerakan-gerakan koperasi di tiap-tiap negera di dunia agar terjadi keseragaman tertutama dalam hal cara memandang jati diri koperasi yang sejati agar dapat berjalan selaras dan sepadan antar negara.

68. Indeks-indeks pembangunan populer seperti Big Max Index, KFC Index, dan iPad Index sejatinya menggambarkan salah satu indeks pembangunan dalam dimensi ekonomi yaitu ...
a. Produk Nasional Bruto (Gross National Product)
b. Paritas Daya Beli (Purchase Power Parity)
c. Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)
d. Neraca Perdagangan (Balance of Trade)
e. Pendapatan Nasional Bruto (Gross National Income)

Kunci
Semua indeks pada soal itu milik produk-produk populer di dunia, jadi metode yang digunakan berkaitan dengan daya beli produk tersebut (Big Max, KFC, iPad). Paritas Daya Beli (Purchasing Power Parity/PPP) adalah kemampuan penduduk membeli kuantitas barang yang diperlukan dengan tingkat penghasilan yang dimilikinya. Semakin tinggi Paritas Daya Beli pada suatu wilayah menunjukkan semakin tingginya kemampuan penduduk wilayah tersebut untuk memperoleh barang-barang kebutuhan untuk memenuhi standar hidup layak. Jika kamu bingung dengan soal kaya gini coba lihat istilah-istilahnya apakah terkait produk tertentu atau apa gitu, nanti bisa mengira-ngira jawabannya.

69. Teori Sistem Dunia membagi negara-negara di dunia menjadi 3 jenis yaitu negara inti, negara semi pinggiran dan negara pinggiran. Negara di bawah ini yang termasuk semi pinggiran adalah ...
a. RRC
b. Jepang
c. Kanada
d. Korea Utara
e. Vietnam

Kunci
Teori sistem dunia adalah teori pembangunan yang dikemukakan Immanuel Wallerstein pada 1970an. Secara hierarkis  wilayah  dunia  dapat  dibagi  menjadi  tiga  bagian,  yakni:  Wilayah “pusat” (center) yang  maju  dan dominan; “semi pinggiran”(semi  periphery) yang  setengah  maju,dan “pinggiran” (periphery) yang tergantung  dan  terbelakang  (Wallerstein  1974:  66-94).

Negara inti atau pusat adalah negara yang sudah mapan secara ekonomi seperti AS, Kanada, Ekonomi, Perancis, Jerman, Jepang. Negara semi pinggiran adalah negara yang tingkat kemajuannya lumayan dan mulai membangun industri cukup kuat seperti RRC, Meksiko, Indonesia, Brazil. Negara pinggiran istilah kasarnya negara paling belangsak alias dunia ketiga, yang sering konflik, perkembangannnya jelek seperti Kongo, Suriah, Angola.

70. Jika pada suatu negara memiliki PNB yang lebih kecil daripada PDB maka diartikan ...
a. penanaman modal asing di negara tersebut cukup dominan
b. penanaman modal dalam negeri di negara tersebut cukup dominan
c. aliaran modal lebih banyak ke luar negeri dalam bentuk investasi portofolio
d. aliran modal lebih banyak ke luar negeri dalam bentuk investasi langsung
e. tidak ada penanaman modal asing yang masuk di negara tersebut

Kunci
PNB (pendapatan nasional bruto) sementara PDB (pendapatan domestik bruto), jika PNB > dari PDB itu artinya. 
- faktor produksi asing yang ada di negara tersebut lebih besar daripada faktor produksi negara tersebut diluar negeri
- warga negara asing yang bekerja di dalam negeri lebih tinggi pendapatan nya dari pada warga negara tersebut yang bekerja di luar negeri
- biasa terjadi di negara2 berkembang.

PNB mengukur output/hasil produksi oleh warga negara, terlepas dari lokasi produksinya, apakah di dalam negeri atau di luar negeri. Untuk PNB Indonesia, itu tidak mencakup output orang asing atau perusahaan asing di sekitar anda. Jadi jawabannya adalah A. 

Lanjut: Soal No 71-75 

Mau pembahasan KSK Kebumian juga?. Cek di link berikut: Pembahasan KSK Kebumian 2020
Baca Juga

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close