Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (61-65) - Geograph88
News Update
Loading...

Maret 18, 2021

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (61-65)

Halo kawan-kawan lanjut lagi yuk kita intip kunci jawaban KSK geografi 2020 nomor 61-65. Jangan lupa share ke teman-teman lain ya.

Saya ingatkan lagi untuk dapat menaklukkan soal KSK geografi kamu harus banyak berlatih dari soal sebelumnya lalu cari konsep-konsep di soal tersebut di berbagai literasi internet. Biasanya soal tahun berikutnya gak jauh beda.

61. Pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara termasuk dalam guna lahan ....
a. Central Business District
b. civic center
c. housing
d. tourism
e. coastal area

Kunci
Yang diminta di soal itu kan maksudnya pasar tradisional masuk tata guna lahan untuk zona apa?. Di Asia Tenggara, contohnya Indonesia lah, pasar tradsional itu masuk dalam zona pusat kegiatan alias Central Business District (CBD). Daerah pusat kegiatan ini biasanya akan sangat ramai oleh pengunjung dan itu terjadi pada pasar-pasar tradisional di Indonesia dan di negara Asia Tenggara lainnya.
Pasar pusat kegiatan penduduk
62. Berbeda dengan kawasan perkotaan, permukiman perdesaan juga memiliki karakteristik tersendiri. Di bawah ini yang tidak termasuk karakteristik permukiman perdesaan adalah ....
a. kepadatan rendah
b. individualistik
c. guyub
d. kegiatan ekonomi dominan sektor pertanian
e. masyarakatnya homogen

Kunci
Ini masuk soal tipe mudah, yang ditanya kan yang buka masuk karakter masyarakat desa, pastinya yang individualistik (ciri masyarakat kota).

63. Sifat dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang disusun dalam rangka pengarahan pembangunan dan pengendalian tata ruang di suatu wilayah administratif adalah ....
a. harus ada
b. ada untuk wilayah yang penting
c. harus ada dan disahkan
d. ada tapi tidak perlu disahkan
e. tentatif

Kunci
Setiap negara pastinya punya rencana strategis pembangunan nasional, nah turunannya itu adalah RTRW di wilayah kabupaten dan kota. Jadi pembangunan wilayah itu wajib memiliki RTRW dan disahkan oleh pemangku kebijakan yaitu Bupati/Walikota/Gubernur. RTRW itu kamus lainnya adalah UU proyek pembangunan. Jika tidak disahkan maka pembangunan tidak akan jalan karena kebijakan politik memainkan peranan dalam kegiatan apapun.

64. Sering disosialisasikan bahwa ideologi ekonomi Indonesia adalah Ekonomi Pancasila, hal ini identik dengan ...
a. komunisme
b. neoliberal
c. ekonomi kesejahteraan
d. ekonomi etatisme
e. kapitalisme

Kunci
Pancasila tentunya berpedoman pada lima sila dan puncaknya adalah sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini mencerminkan ekonomi Pancasila mengharapkan ekonomi kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

65. Pengembangan Industri 4.0 sangat ditentukan oleh kegiatan industri ....
a. primer
b. sekunder
c. tersier
d. kuarter
e. kuliner

Kunci
Sektor industri kuartener/kuarter adalah industri yang berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memberikan informasi dan keahlian. Bisa dibilang sektor kuartener adalah sektor ilmu pengetahuan. Industri ini adalah jenis industri 4.0 jaman now yang banyak bergerak di bidang digital seperti marketplace, analis data, programmer dan segala hal berbasis kecerdasan artifisial lain.

Lanjut: Soal No 66-70 

Mau pembahasan KSK Kebumian juga?. Cek di link berikut: Pembahasan KSK Kebumian 2020
Baca Juga

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close