Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (71-75) - Geograph88
News Update
Loading...

Maret 19, 2021

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (71-75)

Halo kawan-kawan lanjut lagi gas kita akan share contoh pembahasan kunci jawaban soal KSK Geografi 2020 untuk persiapan KSK 2021.

Untuk soal no 71-75 ini fokus materi masih di geografi ekonomi dan kependudukan. Masalah-masalah seperti kemiskinan, ketimpangan ekonomi di jaman now banyak muncul di soal.

Pastikan kalian banyak membaca, mendengar berita kekinian untuk menambah wawasan terkait kondisi ekonomi global yang terjadi. 

71. Konflik geopolitik berupa perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok membawa dampak negatif bagi pembangunan ekonomi Indonesia, karena ...
a. memperlambat pertumbuhan ekspor
b. memperlambat pertumbuhan impor
c. meningkatkan ketergantungan pada ekspor commodity-based
d. menurunkan ketergantungan pada ekspor manufaktur
e. menguras cadangan devisa karena keran impor terbuka bebas

Kunci
Ekspor Indonesia terhadap China dan AS diperkirakan menurun jika pertumbuhan ekonomi Negeri Panda menurun akibat perang dagang dengan Amerika Serikat. Perang dagang akan membuat ketidakpastian bagi eksportir dalam negeri mengingat kita mengikuti kebijakan yang ada di negara tujuan. Jika terjadi resesi karena perang dagang Cina dan AS maka dampaknya pasti ke semua negara yang berhubungan dengan kedua negara tersebut.

72. Koefisien Gini sering digunakan untuk mengukur ketimpangan pendapatan pada penduduk dalam suatu negara. Jika Koefisien Gini negara atau wilayah bernilai 1 artinya ....
a. tidak ada ketimpangan pendapatan
b. setengah jumlah penduduk menguasai seluruh PDB
c. satu orang menguasai seluruh PDB
d. setengah jumlah penduduk menguasai setengah PDB
e. tidak ada penduduk yang menguasai PDB, semuanya dikuasai asing

73. Perhatikan gambar!
Langkah paling utama untuk memutus lingkaran setan kemiskinan seperti pada gambar diatas adalah ...
a. peningkatan layanan dan akses pendidikan dan kesehatan pada masyarakat miskin
b. pemberian tunjangan dan santunan pada masyarakat miskin secara intensif
c. pembangunan infrastruktur untuk menekan biaya produksi dan logistik
d. eksploitasi sumber daya alam secara masif untuk kepentingan masyarakat miskin
e. pembangunan infrastruktur untuk membuka lapangan kerja

Kunci
Pembangunan infrastruktur secara massif dan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia ini digagas guna memastikan terjaminnya ketersediaan infrastruktur agar dapat dapat menjadi lompatan bagi Indonesia untuk menuju negara maju, sekaligus dapat lepas dari perangkap sebagai negara berkembang saja atau “middle income trap”.

Pentingnya keberlanjutan pembangunan infrastruktur semakin dirasakan ditengah meningkat tajamnya persaingan ekonomi antar kawasan, karena dengan membangun infrastruktur sejatinya adalah membangun masa depan sebuah peradaban, karena dapat berperan sebagai stimulus bergeraknya beragam aktivitas ekonomi.

Melalui percepatan pembangunan infrastruktur secara lebih merata di seluruh tanah air, kita tentunya berharap dapat tercipta konektivitas yang kuat antar wilayah, menurunkan biaya logistik, memperkecil ketimpangan, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta memupus kesenjangan ekonomi antar wilayah di Indonesia, yang pada akhirnya akan  bermuara pada peningkatan daya saing dan stimulus pertumbuhan ekonomi guna mencapai negara maju.

74. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu standar yang ditetapkan UNDP (United Nations Development Programme) untuk mengukur keberhasilan pembangunan di suatu negara atau suatu kawasan. IPM dihitung melalui beberapa indeks variabel, yang tidak termasuk indeks variabel dalam perhitungan IPM adalah ....
a. Indeks Harapan Hidup
b. Indeks Pengeluaran
c. Indeks Kesetaraan Gender
d. Angka Rata-Rata Lama Sekolah
e. Angka Harapan Lama Sekolah

Kunci
Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup. IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. 

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki tiga dimensi yang digunakan sebagai dasar perhitungannya:

1. Kesehatan, yang diukur dengan angka harapan hidup saat kelahiran
2. Pendidikan, yang dihitung dari angka harapan sekolah dan angka rata-rata lama sekolah
3. Standar hidup layak, yang dihitung dari produk nasional bruto per kapita

75. Salah satu instrumen penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara adalah cadangan devisa. Hal yang tidak termasuk dalam sumber signifikan penambah cadangan devisa bagi Indonesia adalah ...
a. ekspor barang dan jasa
b. wisatawan Indonesia yang berbelanja di luar negeri
c. remitasi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri
d. pinjaman dan hibah luar negeri
e. pungutan bea masuk

Kunci
Devisa adalah suatu bentuk kekayaan yang dimiliki oleh negara dalam bentuk mata uang asing ataupun barang yang bisa digunakan untuk keperluan transaksi dagang dengan negara lain di mata internasional. Kalau wisatawan kita belanja di luar negeri artinya uang akan mengalir ke produsen di negara tersebut sehingga jadi cadangan devisa negara lain bukan Indonesia. 

Lanjut: soal No 76-80 

Mau pembahasan KSK Kebumian juga?. Cek di link berikut: Pembahasan KSK Kebumian 2020
Baca Juga

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close