Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (76-80) - Geograph88
News Update
Loading...

Maret 19, 2021

Soal KSK Geografi 2020 + Pembahasan (76-80)

Halo kawan-kawan kita akan coba lagi bagikan contoh pembahasan kunci soal KSK geografi 2020. Untuk nomor 76-80 ini topiknya masih geografi ekonomi dan dinamika kependudukan.

Pahami tentang teori-teori kependudukan yang ada di materi kelas 11, selain itu banyak istilah kependudukan yang berbau bahasa Inggris jadi kamu harus menguasai vocab terkait itu.

76. Berdasarkan Brandt Report (1980), sebaran geografis negara-negara yang memiliki PDB lebih tinggi terletak ....  Garis Brandt.
a. di sebelah utara
b. di sebelah selatan
c. di dalam
d. di luar
e. dikelilingi

Kunci
Garis Brandt adalah garis imajiner yang menggambarkan kesenjangan di antara negara-negara Utara dan Selatan berdasarkan PDB per kapita. Garis ini diusulkan oleh Willy Brandt pada tahun 1980-an. Garis ini mengitari dunia di lintang 30° U, melewati perbatasan Amerika Utara dan Tengah, bagian utara Afrika dan India, lalu belok ke selatan supaya Australia dan Selandia Baru berada di atas garis. 
Garis Brandt yang mendiskriminasi negara 
Garis ini jadi semakin batas diskrminasi guys dan Indonesia sialnya masuk, tapi itu dulu sih. Biasa lah negara-negara barat kan dari dulu doyan bikin propaganda untuk menguasai dunia sampe sekarang.

77. Penanaman modal asing langsung (Foreign Direct Investment) lebih disukai oleh negara penerima modal daripada penanaman modal asing tidak langsung dalam bentuk portofolio, karena ...
a. memberikan laju pengembalian investasi yang jauh tinggi
b. nilainya selalu lebih besar daripada investasi dalam bentuk portofolio
c. memberdayakan masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja yang padat karya
d. cenderung lebih dinamis dan fluktuatif sehingga tahan terhadap guncangan krisis
e. cenderung lebih stabil dari guncangan krisis seperti tapering-off

Kunci
Foreign Direct Investment (FDI) adalah investasi asing langsung atau penanaman modal asing, di mana seorang investor pada lingkup perekonomian suatu negara menaruh minat pada bisnis di lingkup perekonomian negara lain.

Investasi lintas negara ini biasanya berupa penanaman modal dalam jangka waktu panjang dari investor di luar negeri ke perusahaan dalam negeri. Sehingga umumnya foreign direct investment melibatkan dua negara sekaligus.

FDI juga sering dipahami sebagai suatu media atau alat dalam sistem ekonomi dunia yang dinamikanya sudah menglobal.

Salah satu contoh bentuk FDI adalah joint venture yang termasuk Bentuk Usaha Tetap (BUT). Joint Venture adalah perusahaan yang dimiliki bersama antara dua negara atau lebih. Perlu diingat bahwa foreign direct investment ini tidak termasuk dalam investasi yang dilakukan di bursa saham.

Proses pengurangannya pembelian obligasi secara bertahap dikenal dengan tapering off. Ini termasuk transaksi bursa saham. Sedikit saja perubahan yang dilakukan The Fed (dedengkotnya saham global milik AS), bisa mengundang respons pasar, tak hanya di AS tetapi juga bagi pasar di seluruh dunia.

Ini kalau kamu gak kenal istilahnya pasti pusing dan kesulitan menebak jawabannya. Padahal keywordnya adalah investasi saham atau non saham saja tapi dalam vocab bahasa Inggris. Jawabannya E.

78. Terdapat beberapa sumber data kependudukan yang dapat diakses untuk pembangunan. Peristiwa demografis yang bersifat harian, selayaknya dicatat oleh ...
a. sensus penduduk
b. registrasi penduduk
c. survei penduduk
d. survey penduduk antar sensus
e. penelitian tematik kependudukan

Kunci
Ini mah soal tipe mudah, segala kejadian yang dicatat harian dalam kependudukan seperti lahir, mati, pindah, cerai dll itu adalah registrasi penduduk. Udah gampang ini mah.

79. Dalam proses migrasi penduduk berlaku hukum migrasi (The Law of  Migration). Namun demikian dari berbagai laporan penelitian, ternyata faktor dominan terjadinya migrasi penduduk disebabkan faktor ...
a. migration and distance
b. step migration
c. migration and technology
d. dominance economic motive
e. life time migration

Kunci
Sebenarnya kamu gak perlu tahu-tahu amat tentang isi hukum migrasi, faktor dominan migrasi penduduk pastinya faktor ekonomi. Kita pindah dari desa ke kota juga karena motif ekonomi kan, nyari kerja dan meningkatkan kesejahteraan. Jadi bisa ditebak jawabannya D.

80. Banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan persebaran penduduk di permukaan bumi. Daerah dengan karakteristik very low rainfall dan irregular rainfall cenderung tidak menjadi lokasi konsentrasi penduduk. Fenomena tersebut menunjukkan adanya kecenderungan hubungan kuat dengan faktor ...
a. economic activity
b. soil
c. disease and hunger
d. relief
e. climate

Kunci
Untuk menjawab soal ini yang penting paham istilah bahasa Inggrisnya, itu kan ada rainfall atau curah hujan. Jadi konsentrasi penduduk itu berkaitan dengan faktor curah hujan yang mana termasuk indikator atau unsur cuaca iklim. Jadi jawabannya E. 

Soal-soal diatas banyak istilah bahasa Inggrisnya, jadi sesekali perbanyak baca artikel bahasa Inggris biar gak terlalu shock nanti.


Mau pembahasan KSK Kebumian 2020 juga?. Cek di link berikut: Pembahasan KSK Kebumian
Baca Juga

Share with your friends

Give us your opinion
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close