Hubungan Tipe Iklim dan Bentang Alam Wilayah Indonesia - Geograph88

Hubungan Tipe Iklim dan Bentang Alam Wilayah Indonesia

Hubungan Tipe Iklim dan Bentang Alam Wilayah Indonesia
Iklim di bumi ini mengalami perubahan dari waktu ke waktu semenjak planet ini terbentuk. Iklim adalah kondisi rata-rata udara pada suatu wilayah yang luas dan relatif lama.

Kondisi iklim sangat mempengaruhi terhadap jenis vegetasi yang hidup di tempat tersebut. Vegetasi menutupi sebagian besar daratan di bumi.

Komunitas vegetasi di suatu daerah dapat menjadi indikator iklim yang paling sensitif terutama panas, kelembaban dan sinar matahari.

Artinya komunitas tumbuhan yang berbeda menunjukkan tipe iklim yang berbeda. Berikut ini hubungan tipe iklim dengan kondisi vegetasi wilayah:

a. Hutan Tropis
Hutan tropis atau rain forest adalah hutan yang terdiri dari tumbuhan berpohon besar dan lebat. Hutan tropis berada di daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan suhu tinggi yaitu daerah tropis/khatulistiwa.

Sinar matahari tidak dapat tembus permukaan tanah di hutan hujan sehingga kondisi di bawahnya lembab.

Jenis vegetasi yang hidup di hutan hujan diantaranya kamper, meranti, kruing. Pada pohon besar ini terdapat epifit seperti anggrek dan rotan. Selain itu ada tumbuhan kecil seperti paku-pakuan dan perdu.

Hutan tropis di Indonesia terdapat di Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Papua. Hutan hujan adalah habitat berbagai macam spesies hewan.

b. Hutan Musim
Hutan musim adalah jenis hutan yang bergantung pada kondisi perubahan musim. Hutan musim ada di daerah beriklim sedang.

Hutan musim disebut juga hutan meranggas artinya daun akan berguguran di musim kemarau dan akan tumbuh lagi di musim hujan.

Vegetasi hutan musim di Indoensia adalah jati, sengon dan akasia. Sebaran hutan musim di Indonesia adalah di Jawa, Bali dan Sulawesi.
Hutan bakau pesisir pantai
c. Sabana
Sabana merupakan padang rumput dengan semak belukar dan pepohonan seperti eukaliptus dan palem.

Sabana muncul pada daerah curah hujan minim dan suhu panas. Di Indonesia sabana terdapat di Nusa Tenggara dan sebagian Jawa Timur.

d. Stepa
Stepa merupakan padang rumput ilalang tanpa pepohonan di daerah dengan curah hujan mnim dan suhu tinggi. Di Indonesia stepa ditemukan di Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara.

e. Hutan Mangrove
Hutan mangrove adalah hutan di pesisir pantai wilayah tropis. Hutan mangrove atau bakau merupakan vegetasi khas wilayah tropis dan unik. Mangrove bisa tumbuh di pantai yang menghadap laut yang berombak tidak besar.

Hutan bakau merupakan habitat berbagai macam biota seperti bangau, kepiting, ikan dan udang. Di Indonesia hutan mangrove bisa ditemukan di pantai utara Jawa, Sumatera bagian Timur dan Bali.

Gambar: disini
close