Pengertian dan Jenis Mutasi Gen - Geograph88

Pengertian dan Jenis Mutasi Gen

Pengertian dan Jenis Mutasi Gen
Pernahkan kamu menonton film X-Men?. Kalau pernah kamu pasti tahu dong tentang tokoh-tokoh mutan di film tersebut.

Ngomong-ngomong mutan itu apa sih?. Mutan berkaitan dengan gen guys. Gen adalah substansi hereditas berupa suatu aturan kesatuan kimia yang berfungsi untuk mengatur perkembangan dan metabolisme individu dan menyampaikan informasi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Gen sebagai suatu kesatuan kimia sifatnya mantap walaupun mengalami proses pewarisan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Meski demikian guys, pada jangka waktu tertentu karena pengaruh faktor tertenut maka bisa saja kesatuan kimia tersebut mengalami perubahan. Perubahan kesatuan kimia gen ini menyebabkan berubahnya sifat mahluk hidup yang perubah ini bersifat menurun.

Inilah yang dinamakan mutasi. Individu yang mengalami mutasi disebut mutan sementara penyebab mutasi gen disebut mutagen. Persitiwa mutas punya sifat berikut:

a. jarang terjadi pada proses biasa dari replikasi DNA
b. tidak ada cara untuk mengetahui manakah gen yang akan mengalami mutasi pada suatu sel atau dalam suatu generasi
c. munculnya secara bebas
Pengertian dan Jenis Mutasi Gen
Ilustrasi mutasi gen
Mutasi gen merupakan peristiwa yang terjadinya secara kemungkinan suakt diamati dan jarang terlihat. Hal ini sebabkan oleh hal berikut:

a. gen yang mengalami mutasi dalam satu individu tidak menonjolkan diri karena jumlah gen yang terdapat dalam satu individu banyak sekali.
b. gen yang mengalami mutasi bersifat letal sehingga gejala mutasi tidak dapat diamati sebab individu segera mati sebelum dewasa/
c. gen yang mengalami mutasi umumnya bersifat resesif sehingga dalam keadaan heterozigot tidak akan terlihat.

Macam-macam Mutasi
Menurut bagian yang bermutasi, mutasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu mutasi besar dan mutasi kecil.

a. Mutasi besar (gross mutation) adalah mutasi yang ditandai dengan prubahan jumlah kromosom dan perubahan struktur atau urutan susuan ADN pada kromosom. Mutasi seperti itu sering dinamakan mutasi kromosom atau aberasi kromosom.
b. Mutasi kecil (point mutation) adalah perubahan yang terjadi pada susunan kimia molekul ADN atau gen. Karenanya mutasi ini disebut juga mutasi gen.

Baca juga: Rangkuman materi kelas 11 sel
close