6 Manfaat Belajar Biologi di Kehidupan - Geograph88

6 Manfaat Belajar Biologi di Kehidupan

6 Manfaat Belajar Biologi di Kehidupan
Ada banyak hal yang membuktikan bahwa biologi merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari. Yang terpenting adalah bahwa biologi mempelajari tentang kehidupan.

Kedua, biologi mengkaji secara mendalam tentang pemahaman tentang bagaimana organisme dan komponen non organisme berinteraksi satu sama lain dalam kehidupan.

 Ketiga, Biologi memberikan wawasan tentang biodiversitas atau keberagaman kehidupan.

Di samping itu, Biologi mencakup bidang-bidang penelitian yang terkait dengan keberlanjutan kehidupan termasuk lingkungan, ekosistem, kualitas makanan, penyebab penyakit, pengembangan obat-obatan, studi tentang tubuh manusia dan lainnya.

 Rupanya, studi tentang kehidupan telah membantu kita membentuk dunia yang ada saat ini. Berbagai penelitian juga memberikan dan membantu kita mengetahui tentang mengapa sesuatu itu terjadi dari sisi ilmiah.

Untuk lebih membuka wawasan kita, inilah 6 alasan kita perlu belajar Biologi:

1. Mempelajari Perubahan Tubuh Manusia 
Manusia secara ilmiah masuk dalam kategori homo sapiens. Mereka punya karakteristik mirip kera namun lebih canggih dalam hal tubuh dan ereksi, bicara, gerak dan berfikir.

Sebagai bentuk tertinggi dari semua mahluk di Bumi, manusia memiliki tubuh yang rumit untuk dipahami.

Namun dengan belajar Biologi, setiap orang akan mengetahui alasan dibalik perubahan yang terjadi dalam tubuh masing-masing.

Misalnya ketika masih kecil anda tiba-tiba berubah lebih tinggi seiring berjalannya waktu dan mulai memiliki pola tidur berbeda. Hal ini berarti tubuh sudah mulai memproduksi hormon masa pubertas. 

Selain itu, pentingnya Biologi telah menghasilkan ilmu baru yaitu Patologi yaitu ilmu yang mempelajari penyakit dan bagaimana dampaknya terhadap manusia dan hewan.

Hal ini akan berdampak pada pengembangan obat-obatan baru untuk mengatasi penyakit tersebut. 6 Manfaat Mempelajari Biologi Biologi Mempelajari Kehidupan

2. Menyediakan Berbagai Pilihan Karir 
Biologi adalah salah satu cabang ilmu dasar yang harus dipelajari di sekolah. Dengan kata lain, itu mampu memberikan pilihan masa depan karir seseorang.

Baik itu dokter, ahli kimia, insinyur, ahli lingkungan, perawat, psikolog, ilmuwan guru atau profesi lainnya sangat perlu untuk belajar konsep dasar biologi.

Anda dapat memilih berbagai macam cabang biologi khusus untuk menjadi ahli di bidang masing-masing.

Bahkan ahli kecantikan, terapis misalnya penting untuk mempelajari biologi karena mereka akan berkaitan dengan kulit, jari, kuku yang merupakan bagian penting tubuh manusia.

Kehidupan sangat kompleks
3. Memberikan Jawab Atas Masalah Besar Lingkungan 
Mempelajari biologi dapat memberikan pemahaman dan jawaban atas berbagai masalah yang ada di lingkungan sekitar dan dunia. Berbagai isu lingkungan seperti virus, epidemi, global warming, dan lainnya dapat dijawab dengan mempelajari biologi sampai akar-akarnya.

 Contoh lainnya adalah ketika sebuah negara mengalami krisis pangan maka penelitian biologi akan membantu menyediakan alternatif baru untuk menyediakan bahan pangan alternatif untuk keberlanjutan kehidupan.

Contoh lainnya yaitu saat ini polusi semakin menyebar ke seluruh dunia terutama negara berkembang. Biologi dapat membantu menyelesaikan masalah ini agar tidak menjadi lebih buruk di masa depan.

Biologi lebih lanjut lagi dapat menjelaskan tentang struktur kehidupan mahluk dalam biosfer. Manusia sebagai mahluk paling dominan di bumi dapat merusak salah satu struktur biosfer. Harapannya, ahli biologi dapat membantu menyeimbangkan kembali struktur biosfer di Bumi.

4. Mempelajari Konsep Kehidupan 
Meski dalam konsep mikro, cara manusia hidup masuk dalam kategori konsep yang dipelajari Biologi. Hal ini terkait dengan bagaimana cara manusia bercocok tanam dan jenis apa yang baik untuk ditanam.

Biologi dapat membantu menjelaskan perubahan suhu tubuh dan dampaknya bagi kehidupan atau bagaimana tata cara konsumsi makanan harian yang baik bagi tubuh.

5. Membantu Menjawab Hal Fundamental Dalam Kehidupan
Pentingnya mempelajari Biologi adalah ia mampu menjawab pertanyaan fundamental tenang kehidupan seperti: Bagaimana dan dimana kehidupan pertama kali lahir?Darimana manusia muncul?

Apakah Tuhan yang menciptakan manusia?Atau apakah manusia tercipta berdasarkan Teori Evolusi Darwin?. Meskipun banyak perdebatan tentang keilmiahannya, namun Biologi dapat membantu menjawab bukti bahwa Tuhan itu ada.

6. Sarana Investigasi Ilmiah 
Mungkin manfaat terbaik dari Biologi adalah membuka jalan bagi manusia untuk melakukan penyelidikan ilmiah yang sangat berguna dalam menemukan hal baru.

Para ahli Biologi akan melakukan eksperimen melalui fakta tersebut, ekspedisi, eksplorasi ke dalam tanah untuk mengumpulkan informasi tentang kehidupan di masa lalu. Ini hanya beberapa alasan tentang mengapa orang harus tahu pentingnya Biologi.

Tidak semua masalah kehidupan memang dapat dijelaskan dengan Biologi namun setidaknya kita bisa mendapatkan bukti-bukti tentang bagaimana kehidupan itu muncul dan perubahannya dari waktu ke waktu. Sumber: bioexplorer

Baca juga: Rangkuman materi kelas 11 sel
close