Ketik Disini

On

Halo teman-teman geografer seluruh dunia, kali ini saya akan cobe berikan sedikit penjelasan terkait perbedaan istilah sudut inklinasi dan deklinasi. Coba ambil sebuah kompas dan letakan di atas meja dengan penunjukarah utara tepat menunjuk arah utara. Lalu coba kamu amati dan perhatikan kutub utara jarum kompas tersebut. Apakah kutub utara jarum kompas tersebut menunjuk arah utara?.

Pastinya jika kamu perhatikan kutub utara jarum kompas dalam keadaan seimbang tidak tepat menunjuk arah utara dengan tepat, iya kan?. Penyimpangan jarum kompas itu terjadi karena letak kutb magnet bumi tidak tepat berada di kutub bumi namun menyimpang terhadap letak titik kutub, gitu loh.

Hal ini menyebabkan garis-garis gaya magnet bumi mengalami penyimpangan terhadap arah utara dan selatan bumi. Akibat dari penyimpangan ini maka kutub utara jarum kompas akan membentuk sudut terhadap arah utara-selatan bumi (geografis). Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan arah utara-selatan geografis dinamakan sudut deklinasi. Contoh sudut deklinasi ada di gambar bawah berikut.
Perbedaan Sudut Inklinasi dan Deklinasi Kompas
Oke lanjut ke pemahaman sudut inklinasi. Coba kamu amati,mengapa keududkan jarum kompas itu tidak mendatar?. Penyimpangan jarum kompas ini terjadi karena garis-garis gaya magent bumi tidak sejajar dengan permukaan bumi alias bidang horizontal. Akibatnya kutub utara jarum kompas menyimpang naik atau turun terhadap permukaan bumi.

Penyimpangan kutub utara jarum kompas akan membentuk sudut terhadap bidang datar permukaan bumi. Sudut yang dibentuk oleh kutub utara jarum kompas dengan bidang datar disebut inklinasi. Gimana sudah paham bedanya sudut iklinasi dan deklinasi kompas?.