Hukum FaceApp Dalam Islam dan Bahaya Yang Mengintai - Geograph88

Hukum FaceApp Dalam Islam dan Bahaya Yang Mengintai

Hukum FaceApp Dalam Islam dan Bahaya Yang Mengintai
Baru-baru ini netizen dunia maya sedang viral demam faceapp yang mana bisa memprediksi wajah kita di masa tua. Sudah banyak sekali artis bahkan teman-teman kita yang mencoba mengikuti trend ini dan menshare hasilnya di medsos. Lalu bagaimana Islam memandang hal ini dan adakah bahaya dari faceapp?.

Faceapp dibuat oleh vendor dari Russia dimana dengan aplikasi ini kita bisa mengedit wajah otomatis. Namun dalam Islam jika merujuk salah satu surah Al Hujurat ayat 1 maka dinyatakan bahwa kita tidak boleh mendahului takdir.

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS.Al-Hujurat:1)"

Bahaya faceapps bagi penggunanya
Tafsir ayat diatas mungkin bisa bermacam-macam, namun dengan mencoba untuk melihat masa tua kita maka kita secara tidak sadar sedang mendahului takdir kita sendiri. Bisa saja kita mati esok dan tidak mencapai hari tua atau bisa saja wajah kita tidak seperti itu. Tapi tafsir orang bisa berbeda-beda dan silahkan tanya lebih dalam kepada ahlinya untuk mendapatkan info lebih valid.

Sama saja dengan asuransi yang mengkhawatirkan akan kejadian di masa depan. Dengan aplikasi tersebut bisa saja kita jadi khawatir melihat wajah kita keriput dll lalu sekarang kita mati-matian perawatan sampai merubah wajah oplas dll.

Jadi jalanilah hidup apa adanya dan perbanyak beribadah, karena itulah yng terbaik. Tidak perlu mengkhawatirkan kondisi masa depan karena selama kita menjalankan perintahNya maka insaallah masa depan kita akan baik-baik saja.

Selain itu nih  bahaya yang lebih serius adalah saat profil kita diminta oleh aplikasi maka data-data kita masuk ke server sana. Data-data pribadi anda bisa diakses pemilik situs dan ini bisa berbahaya untuk anda. Kejahatan dunia digital kini semakin marak dan kita harus mengantisipasinya. Jangan mudah menyebarkan akses data pribadi ke orang lain. Wallohualam.
close